Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 tentang akuntansi zakat, infak, sedekah pada Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Jabar

Setiawan, Syafira Salsabila (2021) Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 tentang akuntansi zakat, infak, sedekah pada Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Jabar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. daftar isi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. bab I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Zakat adalah kelebihan harta yang harus dikeluarkan untuk membantu meringankan beban kaum Dhuafa, hukum wajib bmembayar zakat dalam rangka penyucian harta. Karena zakat, infak, sedekah berasal dari dana umat maka pencatatan zakat, infak, sedekah yang dilakukan oleh Organisasi Pengelola Zakat harus sesuai dan amanah agar meningkatkan kepercayaan para muzaki untuk menitipkan zakatnya, namun hingga kini masih ada organisasi yang belumtransparan dalam penerimaan serta penggunaan dana. Penelitian ini berfokus pada tujuan keseragaman dalam pencatatan dan penyajian akuntansi zakat, infak, sedekah pada setiap Organisasi Pengelola Zakat. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian antara teori PSAK 109 dengan perlakuan akuntansi zakat, infak, sedekah di Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Jabar dan mengetahui kelayakan penyajian laporan keuangan pada Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa. Metode penulisan yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber utama informasi dalam penelitian ini didapatkan langsung dari Dompet Dhuafa menggunakan teknik wawancara dalam pengumpulannya. Hasil penelitian dalam skripsi ini menarik kesimpulan bahwa pengakuan dan pengukuran telah sesuai, penyajian belum sesuai, pengungkapan belum sepenuhnya sesuai antara LAZ Dompet Dhuafa dengan PSAK 109. Hal tersebut dikarenakan Dompet Dhuafa menggunakan sistem komputer yang mana belum ada sistem yang mendukung untuk persis dengan PSAK 109. Maka LAZ Dompet Dhuafa perlu memperbaiki pencatatan dan pelaporan keuangan tersebut sehingga terjadi kesesuaian dalam pencatatan dan pelaporan keuangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ZIS; PSAK 109; LAZ Dompet Dhuafa
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Syafira Salsabila
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:55
Last Modified: 25 Nov 2021 06:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46468

Actions (login required)

View Item View Item