Bimbingan dan konseling Islami melalui program Parenting untuk meningkatkan Subjective Well Being ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus

Huda, Poppy Iday Manarul (2021) Bimbingan dan konseling Islami melalui program Parenting untuk meningkatkan Subjective Well Being ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi kasus mengenai rendahnya kesejahtraan subjektif ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Kurangnya pengetahuan orang tua mengenai pola asuh, krisis dalam penerimaan anak, tidak percaya diri, cemas, dan sering marah, yang berdampak kepada rendahnya subjective well being ibu. Maka dari itu upaya dari sekolah melaksanakan bimbingan konseling islami melalui program parenting untuk setiap orang tua siswa yang memiliki permasalahan dalam menghadapi anaknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menganalisis dan juga mengidentifikasi program, proses pelaksanaan, dan hasil bimbingan konseling islami melalui program parenting untuk meningkatkan subjective well being ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB Az-Zakiyah. Penelitian ini didasari pada teori bimbingan konseling islami merupakan usaha dalam memberikan bantuan dalam memahami tingkah laku pada diri seseorang untuk mendapatkan kebahagian dan juga kesejahteraan dalam kehidupannya, baik di masa sekarang maupun dimasa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan konseling islami melalui program parenting di SLB Az-Zakiyah dapat meningkatkan Subjcetive Well Being ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Hal ini dilihat dari perubahan perilaku ibu yang sesuai dengan aspek aspek Subjective well being yaitu: Penerimaan diri, yaitu mencintai dirinya sendiri yang ditandai dengan perilaku ibu yang dapat menurunkan emosi ketika anak sedang tantrum. Hubungan positif dengan sesama, memiliki rasa empati yang ditandai dengan sikap orang tua yang selalu memberikan semangat kepada orang tua yang sama sama memiliki anak ABK, Autonomi, mampu mengambil keputuasn yang ditandai dengan sikap tegas orang tua kepada anak, Penguasaan lingkungan, mampu mengelola dan mengontrol lingkungan yang ditandai dengan menjadikan lingkungan sebgai tempat belajar anak, Tujuan dalam hidup seseorang yang memiliki komitmen dalam mengejar tujuan hidupnya, merasakan arti dalam hidup yang ditandai dengan sikap orang tua yang selalu bersyukur atas hadirnya anak meskipun memiliki kekurangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islami; Parenting; Subjective Well Being; Anak Bekebutuhan Khusus
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Poppy Iday Manarul Huda
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:01
Last Modified: 25 Nov 2021 04:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46483

Actions (login required)

View Item View Item