Pengaruh gaya kepemimpinan dan supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah: Penelitian di MTs Ar-Raudloh, MTs Negeri 1 Bandung dan MTs Negeri 3 Bandung

Wahyudin, Iwan (2021) Pengaruh gaya kepemimpinan dan supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah: Penelitian di MTs Ar-Raudloh, MTs Negeri 1 Bandung dan MTs Negeri 3 Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode survei untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Ar-Raudloh, MTs Negeri 1 Bandung dan MTs Negeri 3 Bandung. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan transformasional yang mencakup Idealized Influence charisma, Insprirational Motivation, Intellectual Simulation, dan Individualized consideration dan supervisi yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut supervisi. Variabel terikat adalah kinerja guru yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi serta tindak lanjut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian angket, dokumentasi, dan pedoman obeservasi untuk menambah temuan tentang gaya kepemimpinan dan kinerja guru. Hipotesis menerangkan adanya pengaruh positif signifikan gaya kepemimpinan dan supervisi kepala madrasah terhdap kinerja guru di MTs Ar-Raudloh, MTs Negeri 1 Bandung dan MTs Negeri 3 Bandung. Dilakukan uji prasyarat dan uji hipotesis setelah data penelitian dinyatakan valid dan reliabel. Analisis temuan penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan oleh kepala madrasah MTs Ar-Raudloh, MTs Negeri 1 Bandung dan MTs Negeri 3 Bandung adalah gaya kepemimpinan transformasional dengan tingkat kinerja guru yang sangat baik dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja guru MTs Ar-Raudloh, MTs Negeri 1 Bandung dan MTs Negeri 3 Bandung sebesar 20,4% dengan nilai signifikansi sebesar 0,05. Aspek individualized influence memiliki pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 19,5 %. aspek inspirational motivation memiliki pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 12,8 %. aspek intellectual stimulation memiliki pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 14,1 %. Supervisi yang diterapkan oleh kepala madrasah MTs Ar-Raudloh, MTs Negeri 1 Bandung dan MTs Negeri 3 Bandung secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja guru sebesar 12,5% dengan nilai signifikansi sebesar 0,05. Sedangkan gaya kepemimpinan dan supervisi kepala madrasah secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebesar 24,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional; Supervisi; Kinerja Guru
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:19
Last Modified: 31 Jan 2022 06:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46489

Actions (login required)

View Item View Item