Rusmawijaya, Muhammad Dwi Putra (2021) Penerapan Blended Learning berbasis Moodle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gerak lurus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum 2013 edisi revisi menuntut peserta didik untuk menguasai keterampilan berpikir kritis. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis yaitu dengan menerapkan Blended Learning. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis menggunakan Blended Learning berbasis Moodle. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian non-ekuivalen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol di SMAN 1 Cisolok. Instrumen Penelitian ini menggunakan Lembar kerja berbasis Authentic Assesment Based on Trajectory Learning With Student Activity Sheet (AABTLT With SAS) dan soal essay tes keterampilan berpikir kritis pada materi gerak lurus sebanyak 10 soal. Hasil Penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Blended Learning memperoleh presentase 81% dalam kategori efektif. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan Blended Learning memperoleh N-gain sebesar 0,61. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji t memperoleh t hitung pretest sebesar 1,07 dan posttest sebesar 1,53 sedangkan t tabel sebesar -2,048 sehingga t hitung > t tabel dan H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan Blended Learning berbasis Moodle pada materi gerak lurus.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning; Gerak Lurus; Moodle; Berpikir Kritis; E-Learning; Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Physics > Research and Statistical Methods of Physics Physics > Measurement of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Muhammad Dwi Putra Rusmawijaya |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 03:30 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 03:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46523 |
Actions (login required)
View Item |