Impelementasi Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kota Bandung: Studi kasus Kantor ATR/BPN Kota Bandung Tahun 2020

Feronika, Rika (2021) Impelementasi Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kota Bandung: Studi kasus Kantor ATR/BPN Kota Bandung Tahun 2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy

Abstract

Implementasi dari Permen ATR/BPN No. 6 Tahun 2018 dapat dilihat dari penerapan program PTSL sebagai produk hukum dari suatu kebijakan yang terdapat dari permen tersebut. PTSL tahun 2019 mendapatkan penghargaan prestasi PTSL sehingga dikatakan berhasil, lalu tahun 2020 mengalami penurunan. Penurunan ini diteliti dari sisi hukum melalui tinjauan sisi filosofis, hierarkis, proses pelaksanaan permennya dan juga tinjauan prinsip kebijakan islam dalam siyasah dusturiyah. Penelitian skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui Implementasi dari Peraturan menteri ATR/BPN No. 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kantor ATR/BPN Tahun 2020 yang dilihat dari sisi hukumnya baik dari filosofis, hierarki, proses pelaksanaan permen tersebut dan juga tinjauan dari siyasah dusturiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan yaitu data kualitatif yang terdiri atas data primer dan data sekunder, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yang pertama adalah teori yuridis empiris untuk menelaah dari sisi peraturan perundang-undangannya untuk menjawab peraturan menteri dalam sudut pandang filosofis dan hierarkis. Keemudian prinsip-prinsip kebijakan dalam islam yaitu al-‘adalah (keadilan) dan teori kemaslahatan yang terdapat dalam kajian ilmu siyasah dusturiyah dapat membantu mengetahui bagaimana sisi perundang-undangan dalam ketatanegaraan Islam dari kewenangan yang dikeluarkan oleh seorang menteri yang menjabat dalam bidang Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional melalui Peraturannya ini. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini : Pertama secara Hierarkies dan filosofis dari Permen ATR/BPN Nomor 6 Tahun 2018 telah sesuai dan memiliki sinkronisasi dan harmonisasi dengan peraturan perundang-undangan lainnya. Kedua implementasi atau penerapan Permen ATR/BPN di Kantor ATR/BPN ini berjalan sesuai dengan Permen diatas namun terjadi beberapa kendala yang menyebabkan PTSL ini tidak termasuk kategori berprestasi salah satunya yaitu faktor pandemi Covid-19.sedang melanda dan sangat mengacaukan segala bidang. Ketiga tinjauan siyasah dusturiyah terhadap permen ini sesuai telah dibuat berdasarkan asas kemaslahatan dan asas keadilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kebijakan, Permen No. 6 Tahun 2018; PTSL Kantor ATR/BPN Kota Bandung; Tahun 2020
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Rika Feronika
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:25
Last Modified: 07 Dec 2021 03:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46544

Actions (login required)

View Item View Item