Implementasi Algoritma Fisher Yates Shuffle dan Virtual Reality pada Game Pembelajaran Pengenalan Hewan Darat untuk Anak Usia Dini Berbasis Android

Tantan Kustiansyah, Tantan (2016) Implementasi Algoritma Fisher Yates Shuffle dan Virtual Reality pada Game Pembelajaran Pengenalan Hewan Darat untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)

Abstract

Aplikasi berbasis mobile telah marak digunakan dilingkungan masyarakat baik dikalangan anak maupun dewasa karena telah banyak membantu dalam pekerjaan maupun dalam pembelajaran. Karena banyak anak yang tidak mengetahui informasi mengenai hewan dan bahkan nama serta bentuk hewan, maka tugas akhir ini ditujukan untuk membantu, mempermudah, dan menarik minat belajar anak tentang hewan khususnya hewan darat. Tema yang diusung yaitu sebuah permainan pembelajaran dengan mengunakan peangkat android. Dengan menggunakan algoritma Fisher Yates Shuffle untuk pengacakan soal dan posisi objek hewan pada permainan, dan teknologi Virtual Reality untk fitur pembelajaran diharapkan dapat menarik minat anak-anak untuk ingin belajar lebih. Algoritma Fisher Yates Shuffle ini dipilih karena sudah teruji dan terbukti baik dalam proses pengacakan dimana hasil permutasi selalu unik dan selalu berbeda. Selain itu, teknologi Virtual Reality pada aplikasi ini juga mampu membuat objek hewan pada fitur pembelajaran hewan darat mejadi lebih nyata dan terlihat hidup. Berdasarkan dari pengujian yang telah dilakukan, aplikasi dapat menampilkan permainan sekaligus pembelajaran mengenai hewan darat sehingga anak-anak dapat menjadi lebih bersemangat dan terpacu untuk belajar mengenai hewan darat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Android, Fisher Yates Shuffle, Virtual Reality, Game Pembelajaran, Hewan Darat, Anak-anak
Subjects: Systems
Systems > Computer Modeling and Simulation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 23 Oct 2017 07:43
Last Modified: 23 Oct 2017 07:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4656

Actions (login required)

View Item View Item