Syajaroh, Imroatul Murodatusy (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis Discovery Learning pada materi dunia hewan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran yang baik akan berdampak pada tercapainya tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang mampu melatih peserta didik untuk menemukan konsep materi melalui serangkaian kegiatan yang terarah dan terstruktur dalam media tersebut. Salah satu media yang dapat digunakan adalah LKPD berbasis Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap pengembangan, menganalisis kelayakan, menganalisis keterbacaan LKPD, dan mendeskripsikan respon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan Research and Development dengan model 3D meliputi define, design, dan develop. Instrumen yang digunakan lembar wawancara tidak terstruktur, validasi ahli, keterbacaan, dan respon peserta didik. Subjek penelitian ini yaitu tiga validator, 15 peserta didik XI MIA 1, dan 25 peserta didik XI MIA 3. Hasil penelitian menunjukkan tahap pengembangan meliputi define dilakukan analisis ujung depan, peserta didik, tugas, konsep, dan tujuan pembelajaran. Design dilakukan penyusunan kriteria acuan, pemilihan media, format, dan rancangan awal. Develop dilakukan validasi ahli, uji keterbacaan, dan uji respon peserta didik. Uji validasi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 85,2% dengan kriteria sangat layak, uji keterbacaan sebesar 3,94 dengan kriteria sangat baik, dan respon peserta didik sebesar 85,8% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa LKPD berbasis Discovery Learning pada Materi Dunia Hewan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik; Dunia Hewan; Discovery Learning; |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Animals, Zoology, Wildlifes Mammalia, Mammals |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Imroatul Murodatusy Syajaroh |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 01:07 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 01:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46580 |
Actions (login required)
View Item |