Berita kriminal pada surat kabar Tribun Jabar: Analisis isi penerapan kode etik jurnalistik pada berita kriminal edisi April 2021

Haryani, Sri Dewi (2021) Berita kriminal pada surat kabar Tribun Jabar: Analisis isi penerapan kode etik jurnalistik pada berita kriminal edisi April 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy

Abstract

Sejak adanya kebebasan pers, pers dinilai menyimpang dari praktik kebebasan pers untuk bertanggungjawab mempublikasikan informasi kepada khalayak secara akurat. Wartawan haruslah memahami dan menerapkan kode etik jurnalistik melalui sebuah tulisan maupun foto sebelum diterbitkan. Seorang wartawan harus menaati kode etik jurnalistik agar dapat bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya mencari informasi untuk khalayak dan wartawan memerlukan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik agar tidak ada pihak yang dirugikan. Agar kebebasan pers berjalan dengan baik untuk memberikan informasi kepada khalayak khususnya terkait pemberitaan tindakan kriminal yang masih sering terjadi sampai sekarang di lingkungan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis berita kriminial pada surat Kabar Tribun Jabar edisi April 2021 dan untuk mengetahui penerapan kode etik jurnalistik pasal 3 dan pasal 5 tentang asas praduga tidak bersalah, pelarangan mencampuradukkan fakta dan opini menyebutkan nama pelaku kejahatan dengan menuliskan Inisial nama pelaku dalam penulisan berita kriminal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penilaian, jenis berita kriminal edisi April 2021 yang dipublikasikan oleh Tribun Jabar didominasi dengan jenis berita kriminal konvensional sebesar 81% dan Tribun Jabar telah menerapkan kode etik jurnalistik sebesar 84% dan telah melakukan pelanggaran sebesar 16% yang dinilai tidak sejalan dengan kode etik jurnalistik pasal 3 dan pasal 5 tentang asas praduga tidak bersalah, pelarangan mencampuradukkan fakta dan opini dan menyebutkan nama pelaku dengan inisial nama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berita Kriminal;Surat Kabar;Kode Etik Jurnalistik
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Criminology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Sri Dewi Haryani
Date Deposited: 06 Dec 2021 06:56
Last Modified: 06 Dec 2021 06:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46653

Actions (login required)

View Item View Item