Nilai-nilai dakwah dalam tradisi permainan bola api: Studi deskriptif tentang nilai-nilai dakwah dalam tradisi permainan bola api sebagai media dakwah di Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon

Supih, Rofi Hartanti (2017) Nilai-nilai dakwah dalam tradisi permainan bola api: Studi deskriptif tentang nilai-nilai dakwah dalam tradisi permainan bola api sebagai media dakwah di Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)

Abstract

Nilai-nilai dakwah bukanlah suatu barang yang mati, melainkan nilai dinamis yang disesuaikan dengan semangat zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan yang ada di masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, seorang santri perlu menginternalisasikan nilai-nilai dakwah dalam dirinya, sehingga pesan-pesan dakwah yang akan di sampaikannya akan mempertimbangkan nilai-nilai dakwah tersebut dalam kegiatan dakwah sehingga berjalan sesuai dengan apa yang di harapkan. Kondisi ini dapat teramati pada santri dan kyai mengenai nilai-nilai dakwah dalam tradisi permainan bola api di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai dakwah dalam tradisi permainan bola api sebagai media dakwah tempat penelitian dilakukan di Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan metode ini dimaksudkan untuk menuturkan dan menafsirkan data mengenai tentang Nilai-nilai Dakwah dalam Tradisi Permainan Bola Api.Alasan menggunakan metode ini karena dapat memberikan gambaran secara logis dan sistematis. Peneliti ini di lakukan dengan menempuh langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan data sumber, menentukan tekhnik pengumpulan data, dan akhirnya mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pelaksanaan tradisi permainan bola api di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin ini terdiri dari persiapan sebelum melakukan tradisi permainan bola api, pelaksanaan tradisi permaianan bola api, dan perayaan haflah Akhirusannah Mutakhorijin. Selain itu hasil penelitian ini juga memperliatkan bahwa Nilai-nilai dakwah dalam tradisi permainan bola api ini dilihat dari Nilai Spiritual dan Nilai Sosial. Nilai Spiritual yang meliputi ketaatan, ta’dzim, patuh, dan tawakal. Begitupun dengan Nilai Sosial yang terdiri dari taat asas (aturan), kekompakan, gotong royong, dan tertib. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai dakwah dalam tradisi permaianan bola api sebagai media dakwah di Pondok PesantrenBabakan Ciwaringin Cirebon ini dapat dilihat dari Nilai Spiritual dan Nilai Sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: tradisi; permainan bola api; dakwah
Subjects: Islam > Da'wah
Folklore
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 06 Dec 2021 06:47
Last Modified: 06 Dec 2021 06:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46681

Actions (login required)

View Item View Item