Bahasa jurnalistik dalam berita pendidikan harian Pikiran Rakyat edisi Juli 2021 : Studi deskriptif kualitatif penggunaan bahasa jurnalistik sesuai konsep Yus Badudu

Rahmawati, Shintya (2021) Bahasa jurnalistik dalam berita pendidikan harian Pikiran Rakyat edisi Juli 2021 : Studi deskriptif kualitatif penggunaan bahasa jurnalistik sesuai konsep Yus Badudu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Beragam media yang ada saat ini dapat digunakan sebagai jembatan penyampaian informasi. Implikasinya media harus terus berinovasi agar mampu memikat khalayak. Salah satu bentuk media yang dinilai paling efektif dan efisien yaitu media massa cetak. Bahasa yang diterapkan pada media massa adalah bahasa jurnalistik. Setiap jurnalis dituntut untuk menyajikan berita dengan menerapkan bahasa jurnalistik yang baik serta efektif agar berita yang disampaikan kepada khalayak dapat dipahami dengan mudah serta dapat mengurangi dampak kesalah pahaman dalam memaknai berita tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan bahasa jurnalistik sederhana, bahasa jurnalistik singkat, bahasa jurnalistik padat, bahasa jurnalistik lugas, bahasa jurnalistik jelas, dan bahasa jurnalistik menarik pada berita pendidikan di Pikiran Rakyat edisi Juli 2021. Penelitian ini menggunakan konsep Kunjana Rahardi, dimana bahasa jurnalistik memiliki 6 karakteristik yaitu bahasa jurnalistik sederhana, bahasa jurnalistik singkat, bahasa jurnalistik padat, bahasa jurnalistik lugas, bahasa jurnalistik jelas, dan bahasa jurnalistik menarik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Deskriptif analisis memilki tujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta objek tertentu. Adapun kegunaan deskriptif analisis dalam penelitian ini untuk memperoleh keterangan secara mendalam tentang penggunaan bahasa jurnalistik pada berita pendidikan di Pikiran Rakyat edisi Juli 2021. Hasil dari penelitian ini dari 23 berita yang terdapat kesalahan, ada 44 kesalahan yang ditemukan yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa jurnalistik seperti penggunaan bahasa asing, bahasa leksikon, penggunaan kata dengan makna konotatif, penggunaan singkatan dan akronim yang tidak disertai penjelasan dan penggunaan kata dengan makna ganda. Jika dipresentasikan kesalahan penggunaan bahasa jurnalistik sederhana sebanyak 50%, penggunaan bahasa jurnalistik jelas sebanyak 36%, Kesalahan penggunaan kata atau kalimat lugas sebanyak 5%, Kesalahan penggunaan kata atau kalimat tidak singkat sebanyak 9%, penggunaan kata atau kalimat yang padat dan Penggunaan bahasa jurnalistik menarik tidak ditemukan terjadinya kesalahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jurnalistik; Berita Pendidikan; Pikiran Rakyat;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Shintya Rahmawati
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:30
Last Modified: 07 Dec 2021 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46688

Actions (login required)

View Item View Item