Strategi penghimpunan zakat, infaq, dan shadaqah pada Lembaga Amil Zakat al-Hilal : Studi deskriptif pada Lembaga Amil Zakat al-Hilal Jln. Gegerkalong Hilir No. 155A, Kota Bandung

Arrazi, Ahmad Farghani (2021) Strategi penghimpunan zakat, infaq, dan shadaqah pada Lembaga Amil Zakat al-Hilal : Studi deskriptif pada Lembaga Amil Zakat al-Hilal Jln. Gegerkalong Hilir No. 155A, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim tersebar di dunia, tentunya mempunyai potensi yang besar dalam hal pengumpulan zakat, infaq, dan shadaqah. Akan tetapi, dengan potensi dana zakat yang berlimpah belum bisa terhimpun dengan maksimal. Untuk melakukan pengumpulan dana sesuai dengan potensi yang ada, harus berjalan dengan dukungan masyarakat itu sendiri, dan disinilah peran Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) untuk melakukan suatu langkah strategis dalam pengumpulan zakat, infaq, dan shadaqah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguraikan strategi yang digunakan dalam penghimpunan zakat, infaq dan shadaqah pada Lembaga Amil Zakat al-Hilal. Pemelihan teori dalam penelitian ini adalah Strategi Penghimpunan yang dikemukakan oleh Abu Bakar dan Muhammad, ada empat tahap dalam strategi pengumpulan zakat, infaq, dan shadaqah, yang pertama yaitu penentuan segmen dan target muzakki, yang kedua penyiapan sumber daya dan sistem operasi, ketiga membangun sistem komunikasi, dan yang terakhir menyusun dan melakukan sistem pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk memaparkan secara menyeluruh, luas, dan mendalam dengan melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan mengumpulkan data dari hasil observasi, kemudian reduksi data, menghubungkan data secara lengkap lalu digabungkan untuk dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Lembaga Amil Zakat al-Hilal telah melakukan strategi penghimpunan zakat, infaq, dan shadaqah dengan baik yaitu Lembaga Amil Zakat al-Hilal bisa mendapatkan rekomendasi LAZ skala provinsi dari BAZNAS. Strategi penghimpunan yang dilakukan sudah sesuai dengan teori yang telah dikemukakan oleh Abu Bakar dan Muhammad.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penghimpunan; Muzakki; Penghimpunan
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ahmad Farghani Arrazi
Date Deposited: 08 Dec 2021 05:59
Last Modified: 08 Dec 2021 05:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46724

Actions (login required)

View Item View Item