Persepsi guru terhadap penggunaan metode pembelajaran daring/online untuk anak usia dini : Penelitian pada guru RA di Wilayah Kota Tasikmalaya

Sintiani, Arum (2021) Persepsi guru terhadap penggunaan metode pembelajaran daring/online untuk anak usia dini : Penelitian pada guru RA di Wilayah Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, pendidikan merupakan aktivitas yang sangat dibutuhkan. Keberhasilan peroses pendidikan pun tidak terlepas dari peranan metode yang digunakan dalam upaya guna mencapai tujuan tertentu. Metode pendidikan yang telah berjalan di Indonesia biasanya dilakukan dengan cara bertatap muka langsung dalam kelas di sekolah. Namun pada kenyataannya keadaan saat ini, sistem pendidikan justru mengalami perubahan dengan diberlakukannya pembelajaran secara daring sebagai ganti pembelajaran langsung yang biasa dilakukan di sekolah. Penyebab utama terjadiya pembelajaran daring adalah munculnya wabah penyakit yang bernama COVID-19. Penyakit ini dianggap serius karena dapat menular sangat cepat bahkan sampai menimbulkan kematian. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan penelitian pada permasalahan ini, seperti apa persepsi guru mengenai pembelajaran daring ini yang diterapkan untuk anak usia dini di RA Kota Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap: 1) pengertian persepsi; 2) aktivitas belajar; 3) evaluasi; 4) media belajar; 5) kuota internet; 6) pekerjaan rumah; 7) efektivitas; 8) kedisiplinan; serta 9) penggunaan metode pembelajaran daring untuk anak usia dini di RA Kota Tasikmalaya. Penelitian ini sejalan dengan suatu pemikiran bahwa metode pembelajaran daring merupakan salah satu system belajar yang terbuka dan tersebar dengan menggunakan perangkat pedagogi (alat bantu pendidikan) melalui internet dan tegnologi berbasis jaringan untuk memfasilitasi pembentukan proses belajar dan pengetahuan melalui aksi dan interaksi yang berarti (Ritland,2005). Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Serta variabel yang akan digunakan adalah variabel tunggal. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif ini, peneliti ingin mengukur dengan menggunakan angka, yang nantinya akan divisualisasikan dalam bentuk gambar. Subjek penelitian adalah guru RA yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui pengisian angket dan wawancara dengan informan. Berdasarkan hasil penyebaran angket kepada responden, skor yang diperoleh adalah sangat efektif 24%, efektif 27%, tidak efektif 18%, dan sangat tidak efektif berjumlah 30%. Hal ini dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran daring untuk anak usia dini di tiga RA Kota Tasikmalaya adalah sangat tidak efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi guru; metode Ppembelajaran daring/online; anak usia dini;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Arum Sintiani
Date Deposited: 08 Dec 2021 05:47
Last Modified: 08 Dec 2021 05:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46725

Actions (login required)

View Item View Item