Fajarini, Marlina (2021) Perencanaan anggaran pendidikan dan pelatihan di Balai Diklat Keagamaan Bandung tahun 2020. Sarjana thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu hal yang paling strategis dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan adalah belanja negara. Mekanisme belanja harus ditata dengan sedemikian cara agar proses pengeluaran untuk belanja dapat dilaksanakan dengan sangat terkendali. Mekanisme pada penyusunan anggaran akan sangat mempengaruhi kualitas belanja yang akan akan dilakukan. Perencanaan dan penganggaran adalah sesuatu yang paling krusial di dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan, karena keduanya ini berhubungan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh pemerintah yaitu mensejahterakan rakyat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan perencaan anggaran pendidikan dan pelatihan di Balai Diklat Keagamaan Bandung tahun 2020 setelah adanya kebijakan refocusing anggaran dan Untuk mengetahui pelaksanaan perencanaan anggaran belanja pendidikan dan pelatihan di Balai Dikllat Keagamaan Bandung tahun 2020 dilihat dari dimensi perencanaan operasional anggaran. Dalam penelitian ini mengacu pada teori Perencanaan Anggaran menurut Mohamad Mahsun untuk mengukur sejauhmana keberhasilan suatu perencanaan anggaran dapat dilihat dari dua dimensi dimensi yaitu Formulasi kebijakan dengan indikator penjaringan aspirasi masyarakat, kinerja masa lalu, kebijakan pemerintah, asumsi dasar, dan estimasi kapasitas keuangan, dan perencanaan operasional anggaran dengan indikator penyususnan rencana kegiatan serta alokasi sumber daya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa survey, wawancara, dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman dalam buku Ulber Silalahi yaitu data reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tahun 2020 ini yaitu tahun pertama diberlakukannya refocusing anggaran untuk penanganan covid-19 masih belum efektif karena masih diperlukannya adaptasi dengan keadaan, ini ditandai dengan terjadi beberapa kali revisi, kebijakan yang berubah-ubah, berkurangnya alokasi anggaran, dan berkurangnya pelaksanaan pendidkan dan pelatihan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Anggaran; Pendidikan dan Pelatihan; Refocusing Anggaran. |
Subjects: | Public Policy Issues in Education Public Policy Issues in Education > Education Budget General Management > Budgeting |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Marlina Fajarini |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 04:56 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 04:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46759 |
Actions (login required)
View Item |