Pelaksanaan upah mengupah kelompok Mitra Cai di Desa Jengkok Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu menurut hukum ekonomi syariah

Romadhoni, Muhamad (2018) Pelaksanaan upah mengupah kelompok Mitra Cai di Desa Jengkok Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu menurut hukum ekonomi syariah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pengupahan kelompok mitra cai untuk pengairan sawah terdapat suatu permasalahan yaitu, panin yang terjadi di Desa Jengkok Kecamatan Kertaasemaya Kabupaten Indramayu bisa mencapai dua bulam. Sebagian petani merasa dirugikan karena harus membayar nominal yang sama namun penyediaan air berbeda karena waktu panen yang berbeda, sehingga menimbulkan problematika diantara petani. Hal tersebut menjadi landasan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan akad ijarah kelompok mitra cai di Desa Jengkok Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayudan untuk mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syariahterhadap akad ijarah kelomopok Mitra Cai di Desa Jengkok Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu. Akad yang digunakan adalah ijarah untuk mengkaji pelaksanaan kerjasa pengairan sawah. Menurut Taqiudin Nabhani ijarah adalah memanfaatkan jasa sesuatu yang dikontrak. Apabila transaksi tersebut berhubungan dengan seorang ajir (tenaga kerja), maka yang dimanfaatkan adalah tenaganya. Sehingga untuk mengontrak seorang ajir tadi harus ditentukan bentuk kerjanya, waktu, upah, serta tenaganya. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian lapangan (field reaserch), yaitu penelitian terlibat secara langsung didalam penelitianya, peneliti berpartisipasi selama beberapa lama dalam kehidupan sehari-hari kelompok social yang diteliti. Data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Data primer diambil dari kelompok mitra cai dan petani pemilik sawah. Sedangkan data sekunder diambil dari kitab-kitab literatur yang ada kaitanya denga permaslahan ini. Temuan dilapanagan menunjukan bahwa akad ijarah yang dilakukan olehmitra cai di Desa Jengkok Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu dilakukan secara lisan. Kerja sama dilakukan turun temurun dari jaman dahulu. Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap kerjasam mitra cai dipandang sah. Hal ini karena kerjasma tersebut dilakukan sesuai kesepakatan Bersama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: manajemen keuangan; penggajian; upah
Subjects: Economic of Land and Energy > Economic Rent
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Muhamad Romadhoni
Date Deposited: 13 Dec 2021 06:52
Last Modified: 13 Dec 2021 06:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46806

Actions (login required)

View Item View Item