Analisis perbandingan profitabilitas dan harga saham perusahaan sebelum dan sesudah melakukan merger dan akuisisi : Studi pada perusahaan non lembaga keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 - 2019

Rifaldi, Deni Rizki (2021) Analisis perbandingan profitabilitas dan harga saham perusahaan sebelum dan sesudah melakukan merger dan akuisisi : Studi pada perusahaan non lembaga keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 - 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Merger dan akuisisi dilakukukan dengan harapan terciptanya nilai tambah bagi perusahaan. Nilai tambah tersebut dapat berupa meningkatnya laba atau harga saham perusahaan. Merger merupakan kegiatan menggabungkan dua perusahaan atau lebih yang kemudian hanya ada satu perusahaan yang tetap eksis sebagai badan hukum sedangkan perusahaan lainnya bubar. Semua aset dan kewajiban perusahaan berpindah tangan kepada perusahaan yang bertahan. Sedangkan Akuisisi merupakan transaksi pembelian suatu perusahaan oleh seseorang, kelompok, atau perusahaan, sehingga kendali atas kekayaan perusahaan dimiliki oleh pihak pembeli atau pengakuisisi. Baik perusahaan pengakuisisi maupun perusahaan yang diakuisisi, keduanya masih berdiri sebagai badan hukum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan profitabilitas dan harga saham perusahaan sebelum dan sesudah melakukan merger dan akuisisi pada perusahaan non lembaga keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Profitabilitas perusahaan diukur dengan menggunakan rasio Net Profit Margin, Return on Assets, dan Return on Equity. Sumber data penelitian ini menggunakan data sekunder, yakni data laporan keuangan perusahaan dan harga saham perusahaan yang dipublikasikan secara umum. Metodologi penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode Purposive Sampling, yaitu sampel dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Terdapat enam perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel penelitian yakni PT. Acset Indonusa, PT. Darma Henwa, PT. Elang Mahkota Teknologi, PT. Indo Tambangraya Megah, PT. Medco Energi Internasional, dan PT. Siloam International Hospitals. Analisis komparatif yang digunakan adalah Uji Non Parametrik Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan hasil perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada NPM, ROA, ROE, dan Harga Saham sebelum dan sesudah melakukan merger dan akuisisi. Dengan hasil signifikansi masing-masing sebesar 0,099 untuk NPM, 0,158 untuk ROA, 0,158 untuk ROE, serta 0,754 untuk harga saham.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin; Return on Assets; Return on Equity; Harga Saham.
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Deni Rizki Rifaldi
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:59
Last Modified: 14 Dec 2021 02:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46827

Actions (login required)

View Item View Item