Azizah, Denia Sania (2019) Pengaruh bimbingan konseling islam terhadap perilaku membolos disekolah : Studi kasus penelitian kelas X DPIB 2 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_COVER.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
2_ABSTRAK.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
3_DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
4_BAB I.pdf Download (529kB) | Preview |
|
Text
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
||
Text
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
||
Text
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
Text
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
Abstract
Membolos merupakan salah satu bentuk kenakalan peserta didik, apabila tidak segera diatasi maka akan berpengaruh buruk terhadap peserta didik yang bersangkutan. Anak yang disebut membolos sekolah mempunyai rasa tidak bersalah dengan meninggalkan sekolah karena dengan alasan-alasan malas. Jika perilaku tidak hadirnya siswa seperti yang diatas tidak ditangani dengan segera tentu akan berdampak kepada siswanya sendiri. Bimbingan dan Konseling Islam adalah proses pemberian bantuan, terarah, dan sistematis kepada setiap individu agar dia dapat mengembangkan fitrah atau potensi beragama yang dimilikinya secara optimal dengan menggunakan cara menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung didalam Al-Quran maupun Hadits Rasulullah didalam dirinya, sehingga ia dapat hidup sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Hadist. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah memperoleh gambaran mengenai bimbingan dan konseling Islam, kesadaran beragama siswa serta pengaruh bimbingan dan konseling Islam terhadap perilaku membolos disekolah pada kelas X DPIB 2 SMK Negeri 6 Bandung. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif survey. Peneliti melakukan penelitian pada populasi 35 siswa kelas X DPIB 2. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Untuk dapat menganalisis sejauh mana pengaruh bimbingan dan konseling Islam terhadap perilaku membolos disekolah, maka dilakukan uji statistik dengan menggunakan software SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa perilaku membolos di sekolah berkurang setelah diberikannya treatment dan punishment melalui Bimbingan dan Konseling Islam dan dengan diselenggarakannya Bimbingan dan Konseling Islam dapat membantu siswa membuang perilaku tidak baik yang merusak diri dan memberikan arahan bagaimana menjadi perilaku yang lebih baik lagi. Sehingga siswa menjadi perilaku yang berkualitas dan lebih rasional lagi. Sehinggan Bimbingan dan Konseling Islam di SMK Negeri 6 Bandung sangat berpengaruh terhadap perilaku membolos di sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Membolos disekolah; Siswa; Bimbingan Konseling Islam |
Subjects: | Applied Psychology Applied Psychology > Counseling and Interviewing Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Denia Sania Azizah |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 08:56 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 08:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46884 |
Actions (login required)
View Item |