Pengaruh formula dan jenis media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun Jepang (Cucumis Sativus. L) varietas expo pada sistem hidroponik Irigasi tetes

Syifa, Sindy Ersa (2021) Pengaruh formula dan jenis media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun Jepang (Cucumis Sativus. L) varietas expo pada sistem hidroponik Irigasi tetes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover-1.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy

Abstract

Mentimun jepang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dalam produksinya kerap mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Keterbatasan produksi mentimun jepang berkualitas dan lahan pernanaman di indonesia menjadi masalah yang perlu ditangani. Teknologi hidroponik sistem irigasi tetes dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas mentimun jepang, tetapi nutrisi hidroponik dan media tanam yang tidak tepat dapat menurunkan hasil sehingga mempengaruhi hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara formulasi nutrisi dan media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil mentimun jepang serta mengetahui formulasi dan jenis media tanam terbaik untuk pertumbuhan dan hasil mentimun jepang. Penelitian ini dilakukan pada Februari sampai April 2021 di Screenhouse Kebun Percobaan Universitas Padjajaran, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap 2 faktor. Faktor pertama yaitu formulasi nutrisi (Sutiyoso, Ontario Ministry of Agriculture, Food and Rural Affairs, Modifikasi) dan faktor kedua yaitu media tanam (cocopeat 100%, cocopeat 75% : arang sekam 25%, cocopeat 50% : arang sekam 50%, cocopeat 25% : arang sekam 75%, arang sekam 100%) sehingga terdapat 15 kombinasi perlakuan dengan masing-masing 3 ulangan. Berdasarkan penelitian ini terjadi interaksi antara formulasi dan media tanam pada nisbah pupus akar. Terdapat juga pengaruh mandiri formulasi terhadap tinggi tanaman, berat brankasan basah, berat brankasan kering, dan bobot segar buah. Media tanam memberikan pengaruh terhadap tinggi tanaman, bobot segar buah, dan indeks panen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Formulasi; Irigasi tetes hidroponik; Media tanam; Mentimun jepang
Subjects: Plants, Botany
Plants, Botany > Research of Plants
Farm, Farming > Education, Research, Related Topics of Agriculture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Sindy Ersa Syifa
Date Deposited: 22 Dec 2021 01:33
Last Modified: 22 Dec 2021 01:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46974

Actions (login required)

View Item View Item