Persepsi guru terhadap asuransi syariah di SMK Bina Nusa (BINUS) Bekasi

Febrian, Ari (2021) Persepsi guru terhadap asuransi syariah di SMK Bina Nusa (BINUS) Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Asuransi dinilai sangat penting dalam menghadapi risiko yang terjadi dimasa yang akan datang, tidak hanya bagi kalangan masyarakat menengah keatas tapi juga bagi mereka masyarakat kalangan menengah kebawah dimana lebih sering dan secara langsung berhadapan dengan kerasnya kehidupan, salah satunya adalah tenaga pengajar. Guru menjadi salah satu faktor yang membentuk mental murid-muridnya dalam mengenal ekonomi syariah khususnya asuransi syariah. pemahaman guru terhadap asuransi syariah akan mendorong perkembangan asuransi syariah itu sendiri, karena guru memiliki tugas untuk mengajar serta membentuk kepribadian murid-muridnya maka dengan semakin luas pengetahuan guru terhadap asuransi akan berbanding lurus dengan pemahaman muridnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekonomi, lingkungan sosial dan pemahaman agama secara parsial dan simultan terhadap asuransi syariah di SMK Bina Nusa Bekasi Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pendekatan kuantitatif, jenis datanya yaitu data primer yang diperoleh langsung dari responden dan data sekunder yaitu data-data yang berkaitan dengan penelitian yang didapat dari hasil penelitian terkait. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan adalah dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis, dengan pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS Statistic Version 25.0. dimana persepsi guru menjadi variabel dependen, sedangkan ekonomi, lingkungan sosial dan pemahaman agama sebagai variabel independen. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, variabel ekonomi dengan nilai alpha 0,024 < 0,05 dengan nilai t hitung 2,395 > 1,701 yang berarti variabel ekonomi berpengaruh signifikan terhadap persepsi. Selanjutnya pada variabel lingkungan sosial dengan nilai alpha 0,251 > 0,05 dengan nilai t hitung 1,171 < 1,701 yang berarti variabel lingkungan sosial tidak berpengaruh terhadap persepsi dan variabel pemahaman agama dengan nilai alpha 0,01 < 0,05 dan nilai t hitung 2,757 > 1,701ayang berarti variabel pemahaman agama berpengaruh signifikan terhadap persepsi dan dalam uji f dengan nilai alpha 0,000 < 0,05 dan f hitung 19,668 > 2,95 yang berarti variabel ekonomi, lingkungan sosial dan pemahaman agama secara bersama-sama berpengaruh terhadap persepsi. Dimana sebesar 70,8% variabel persepsi guru terhadap asuransi syariah di SMK Bina Nusa Bekasi dapat dijelaskan oleh variabel ekonomi, lingkungan sosial dan pemahaman agama dan sisanya 29,2% dijelaskan dengan faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitiani ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi;Guru;Ekonomi;Lingkungan Sosial;Pemahaman Agama
Subjects: Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives > Sensory Perception
Econmics
Insurance
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ari Febrian
Date Deposited: 27 Dec 2021 01:46
Last Modified: 27 Dec 2021 06:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46977

Actions (login required)

View Item View Item