Jannah, Irma Ni'matul (2021) Pengaruh persepsi orangtua siswa pada lembaga pendidikan Madrasah terhadap minat menyekolahkannya ke Madrasah : Studi kasus MTs Nurul Iman Cibaduyut Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (346kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai Pengaruh antara Persepsi Orangtua Siswa pada Lembaga Pendidikan Madrasah dengan Minat Menyekolakan Anaknya ke Madrasah. Dimana fenomena yang terjadi di masyarakat masih memandang madarsah sebagai alternatif atau pilihan kedua dalam Lembaga pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) persepsi orangtua siswa pada Lembaga Pendidikan madrasah; (2)minat menyekolakan anaknya ke madarsah, dan; (3) pengaruh persepsi orangtua siswa pada Lembaga Pendidikan madrasah terhadap minat menyekolakan anaknya di madrasah. Berdasarkan pendapat dari Jalaluddin Rakhmat (1996; hal 51) Persepsi merupakan pengalaman mengenai objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang didapatkan dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Sehingga dari adanya persepsi positif pada Lembaga pendidikan madrasah maka akan timbul keinginannya untuk menyekolahkan anaknya ke madrasah. Dari uraian tersebut diambil hipotesis semakin baik Persepsi orangtua sisiwa pada Lembaga Pendidikan madrasah, semakin baik minat menyekolakan anaknya ke madrasah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Adapun data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, angket dan studi dokumentasi, dengan sampel 32 siswa, yakni 10% dari jumlah populasi 315 siswa kelas IX MTs Nurul Iman Cibaduyut Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa : (1) perepsi orangtua siswa pada Lembaga Pendidikan madrasah memiliki skor nilai dengan rata-rata 4,3 sehingga termasuk dalam kategori baik; (2) minat menyekolakan anaknya ke madrasah skor nilai dengan rata-rata 4,3 sehingga dapat dikategorikan baik; (3) 3. pengaruh persepsi orangtua pada Lembaga Pendidikan Madrasah (X) dengan Minat Menyekolakan Anaknya (Y) didapat hasil yakni: (a) Memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan hasil thitung > ttabel atau 2,977 > 1,697; (b) didapat persamaan regresi sebesar Y = 42,806 + 0,513 X; (c) memiliki hubungan yang sedang dengan nilai hubungan 0,478 yang termasuk pada interval 0.40 – 0.59; (d) koefisien determinasi (R2) sebesar 22,8 % dan sisanya sebesar 77,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi orangtua siswa; minat menyekolakan anaknya; Lembaga Pendidikan madrasah |
Subjects: | Relationship of Libraries > Relationship with Other Educational Institutions Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khoridatul Bahiyyah |
Date Deposited: | 24 Dec 2021 00:37 |
Last Modified: | 24 Dec 2021 00:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47028 |
Actions (login required)
View Item |