Implementasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja Amil Zakat : Penelitian deskriptif di Pusat Zakat Umat PERSIS Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung

Saputra, Guruh Suherman (2021) Implementasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja Amil Zakat : Penelitian deskriptif di Pusat Zakat Umat PERSIS Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy

Abstract

Pada masa yang semakin berkembang ini, masyarakat semakin selektif memilih kualitas lembaga zakat untuk menitipkan zakat kepada lembaga yang mereka nilai terjamin mutunya. Maka tak heran apabila lembaga-lembaga zakat kini saling berbenah melakukan terobosan-terobosan dan merangcang strategi guna meningkatkan kinerja amilnya dan meningkatkan kualitas pelayanan zakat, infaq, dan shadaqoh.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan dalam pengelolaan sumber daya manusia yang dilakukan oleh Lembaga Pusat Zakat Umat dalam upaya perekrutan, pelatihan dan pengembangan, serta evaluasi kinerja dalam meningkatkan kinerja amil zakat.Penelitian ini berdasarkan pada asumsi sebuah model Manajemen Sumber Daya Manusia, yaitu Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia menurut Malayu S.P. Hasibuan. Teori ini kemudian dianalogikan dengan proses Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pusat Zakat Umat yang aktivitasnya berkenaan dengan pengelolaan Sumber Daya Manusia yang terdiri atas Manajerial yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Pengendalian dan Operasional yaitu Pengadaan, Pengembangan, Kompensasi, Pengintregrasian, Pemeliharaan, Pendisiplian, dan Pemberhentian. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja Amil zakat di nilai sangat penting dan berhasil untuk memberikan pemahaman, kemampuan, dan keterampilan dalam mengelola lembaga Pusat Zakat Umat. Rekrutmen Amil Pusat Zakat Umat memiliki strategi utuk mendapatkan sumber daya manusia yang bertanggung jawab dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan lembaga. Pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kinerja Amil di dasarkan pada kebutuhan pekerjaan yang akan dilakukan, dan secara rutin di awasi untuk memaksimalkan kinerja Amil. Evaluasi kinerja menjadi alat untuk memberikan penilaian, konselling, dan pengumpulan informasi yang akan di jadikan dasar perancangan strategi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Msdm; Kinerja; Evaluasi.
Subjects: General Management > Personnel Management
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Guruh Suherman Saputra
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:43
Last Modified: 24 Dec 2021 02:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47032

Actions (login required)

View Item View Item