Pengaruh Metode POGIL (Process Oriented Guide Inquiri Learning) pada materi ekosistem terhadap hasil belajar siswa (Penelitian dilaksanakan di Kelas X SMA Karya Budi Cileunyi-Bandung)

Darul Palah, Darul (2014) Pengaruh Metode POGIL (Process Oriented Guide Inquiri Learning) pada materi ekosistem terhadap hasil belajar siswa (Penelitian dilaksanakan di Kelas X SMA Karya Budi Cileunyi-Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)

Abstract

Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam menciptakan SDM yang berkualitas tinggi. Tujuan utama dari proses pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. pendidikan dilaksanakan dengan proses pembelajaran, pada kenyataanya Peserta didik seringkali mengalami kebosanan dalam proses pembelajaran, hal tersebut terjadi karena metode yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang bervariasi, guru lebih mendominasi dalam setiap proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode pembelajaran POGIL. Metode POGIL adalah metode pembelajaran yang menitik beratkan kepada aktivitas siswa dalam mencari dan melakukan proses pembelajaran, sedangkan guru berfungsi sebagai fasilitator dan pembimbing saja. Tujuan dilaksanakann penelitian ini yaitu 1) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode POGIL pada materi ekosistem, 2) Mendeskripsikan proses keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode POGIL pada materi ekosistem. 3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap metode pembelajaran POGIL pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan yaitu Free Eksperimental dengan tipe One-Group Preetest-Postest Desighn. Sampel pada penelitian ini diambil secara sampling jenuh, dalam hal ini kelas yang diambil yaitu kelas X satu yang dijadikan sebagai kelas eksperimen atau diberi perlakuan dengan menggunakan metode POGIL yang berjumlah berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes ( preetes dan posttest) lembar observasi dan angket. Metode POGIL adalah metode pembelajaran yang menekankan aktivitas siswa dalam mencari dan menemukan sebuah konsep dalam proses pembelajaran. Metode ini dilaksanakan dnegan cara berkelompok dan dengan cara peelitian ke lapangan, kemudian siswa menganalisis hasil dari temuan tersebut. Berdasarkan analsiis keterlaksanaan diperoleh rata-rata yaitu pertemuan pertama yaitu 97,72 dan pertemuan ke 2 yaitu 96,66. Berdasarkan analisiss normalitas tes awal diperoleh data normalitas yaitu X2hitung < X2tabel. 1,11 < 7,81 berdistribusi normal dengan uji Z (hipotesis) yaitu nilai Zhitung < Z tabel -5,25 < 1,65 maka hipotesis penilaian H0 diterima dan Ha ditolak. Sedangkan dari analisis postest diperoleh data normalitas yaitu diperoleh data X2hitung < X2tabel. 3,73 < 7,81 berdistribusi normal dengan uji Z (hipotesis) yaitu nilai Zhitung > Z tabel 4 > 1,65 maka hipotesis penilaian H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode POGIL rata-rata 79,68. berdasarkan Hasil penelitianasarkan hasil penelitian metode POGIL berpengaruh besar meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X SMA karya budi bandung materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Latar Belakang Masalah, Masalah, Tujuan Penelitian, Metode Penelitian, Sample, Temuan, Kesimpulan.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2017 02:00
Last Modified: 07 Nov 2017 02:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4708

Actions (login required)

View Item View Item