Rahman, Fahmi Fathur (2021) Peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlak siswa di MI Pasanggrahan Rajapolah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (616kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (959kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTARPUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA : Guru mempunyai peran yang sangat penting dalam mendidik anak anak, membentuk anak menjadi anak yang soleh dan solehah, mengajarkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan lain-lain. Salah satu cara agar dapat membentuk akhlak baik anak dengan cara memberikannya sebuah pendidikan baik itu formal maupun nonformal. Guru akidah akhlak menjadi ujung tombak dalam meningkatkan akhlak siswa MI/SD, pada usia tersebut sangat penting untuk ditanamkan akhlak. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui sejauh mana peranan guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlak siswa di MI Pasanggrahan Rajapolah Tasikmalaya. Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif, yaitu data yang dipaparkan berupa kalimat atau kata-kata dan menggambarkan apa adanya situasi yang terjadi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak, bagaimana pembentukan dalam meningkatkan akhlak, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan akhlak. Dalam pelaksanaan pembentukan terdapat pembiasaan-pembiasaan yaitu pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah, shalat ashar berjamaah, dan shalat dhuha berjamaah, kemudian pembiasaan lainnya seperti membaca doa dan surat pilihan sebelum memulai pelajaran, sopan santun, dan sedekah pada hari jumat. Setiap melaksanakan kegiatan pasti terdapat faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung diantaranya kesadaran dari siswa, sarana dan prasarana yang memadai. Sementara untuk faktor pendukung yaitu lingkungan dan pergaulan siswa. Saran dalam penelitian ini adalah guru dan orang tua harus bersinergi dalam upaya meningkatkan siswa Dalam meningkatkan peranannya guru akidah akhlak sebaiknya selalu menjaga komunikasi yang baik dengan guru wali kelas dan wali siswa agar hasil yang diinginkan dapat maksimal. ENGLISH : The purpose of this study is to find out how the role of the teacher of aqidah morality is, how it is formed in improving morals, and what are the supporting and inhibiting factors in improving morals. In the implementation of the formation there are habits, namely the implementation of the dzuhur prayer in congregation, the Asr prayer in congregation, and the dhuha prayer in congregation, then other habits such as reading prayers and selected letters before starting lessons, manners, and alms on Friday. Every activity carried out there must be supporting and inhibiting factors, supporting factors including awareness from students, adequate facilities and infrastructure. Meanwhile, the supporting factors are the environment and student association.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Akidah Akhlak; Akhlak; Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam Elementary Education Elementary Education > Elementary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahmi Fathur Rahman |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 03:44 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 03:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47106 |
Actions (login required)
View Item |