Rahmani, Nisrina (2021) Hubungan intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini: Penelitian di kelompok B RA Harapan Bunda 2 Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.docx.pdf Download (477kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di RA Harapan Bunda 2 Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat, terdapat beberapa permasalahan yang terkait dengan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya orangtua yang mengandalkan gadget untuk membujuk anaknya agar tidak rewel. Penggunaan gadget pada anak-anak seringkali dilakukan tanpa pengawasan dan perhatian dari orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) realitas penggunaan gadget; 2) realitas perkembangan sosial emosional anak usia dini; 3) hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini di kelompok B RA Harapan Bunda 2 Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Perkembangan sosial emosional anak usia dini dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah penggunaan gadget. Banyak bentuk penggunaan gadget yang dapat dilakukan oleh anak, salah satunya ialah bermain game, aplikasi yang sering di aksesnya yaitu youtube, dan terdapat dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan gadget. Berdasarkan asumsi tersebut dapat dirumuskan hipotesis nya, semakin tinggi penggunaan gadget maka semakin tinggi pula perkembangan sosial emosional anak usia dini, demikian pula sebaliknya. Sedangkan untuk perkembangan sosial emosional difokuskan pada kesadaran diri, rasa tanggung jawab, dan perilaku prososial anak. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Subjek penelitian ini berjumlah 15 anak. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, artinya jumlah sampel dilakukan dengan menetapkan seluruh populasi sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi dan wawancara/bercakap-cakap. Hasil analisis data disimpulkan bahwa intensitas penggunaan gadget memperoleh nilai rata-rata sebesar 79. Angka ini berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Sedangkan, perkembangan sosial emosional anak memperoleh nilai rata-rata sebesar 71. Angka ini berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Hubungan intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini memperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,731. Angka koefisien korelasi ini termasuk pada kategori kuat karena berada pada interval 0,600 – 0,799. Hasil uji signifikansi diperoleh harga thitung = 3,86 > ttabel = 2,16. Maka dapat diinterpretasikan Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Dengan demikian, intensitas penggunaan gadget memiliki hubungan positif yang signifikan dengan perkembangan sosial emosional anak di Kelompok B RA Harapan Bunda 2 Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Adapun hasil kontribusi intensitas penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional sebesar 14,89%. Dengan demikian, masih terdapat 85,11% faktor lain yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gadget; Perkembangan Sosial Emosional; Anak Usia Dini |
Subjects: | Education > Psychology of Education Elementary Education Elementary Education > Creative Arts for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Nisrina Rahmani |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 05:59 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 05:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47121 |
Actions (login required)
View Item |