Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis (KBKr) Siswa pada Materi Ekosistem

Nida Fadillah, Nida (2014) Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis (KBKr) Siswa pada Materi Ekosistem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)

Abstract

Pembelajaran biologi di kelas terkesan menimbulkan rasa jenuh dan mengurangi minat siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran yang diterapkan guru masih lebih dominan kepada aspek pemahaman konsep, siswa cenderung lebih sering menghafal konsep tanpa mengetahui bagaimana proses untuk menemukan konsep sehingga mengakibatkan kurangnya kemampuan siswa dalam berpikir. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendorong keterampilan berpikir kritis siswa yaitu pembelajaran luar kelas (Outdoor learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa dengan pembelajaran luar kelas (Outdoor learning), pengaruh pembelajaran luar kelas (Outdoor learning) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, respon siswa, serta keterlaksanaan aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran luar kelas (Outdoor learning). Hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh pembelajaran luar kelas (Outdoor learning) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosisitem. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental. Penelitian dilaksanakan di kelas VII MTs.N Tanjungjaya-Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest, angket respon siswa, dan keterlaksanaan aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan pembelajaran luar kelas (Outdoor learning) rata-rata nilai pretest 33.90, posstest sebesar 71.29 (baik), N-gain sebesar 0,59 sedangkan pada kelas konvensional rata-rata nilai pretest sebesar 32.1, posstest sebesar 50.32 (cukup), N-gain sebesar 0,27. Hasil uji t data posttest menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu 6,19> 1,67 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil respon siswa pada pembelajaran luar kelas (Outdoor learning) mendapat rata-rata 3,72 (tinggi) sedangkan pada pembelajaran konvensional sebesar 3,03 (sedang). Keterlaksanaan guru pada pembelajaran luar kelas rata-rata sebesar 87,8% (sangat baik), pada pembelajaran konvensional 85,5% (sangat baik) sedangkan keterlaksanaan aktivitas siswa pada pembelajaran luar kelas (Outdoor learning) rata-rata 78,8% (baik), pada pembelajaran konvensional 71,8% (cukup). Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran luar kelas (Outdoor learning) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis (KBKr) siswa pada materi ekosistem

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2017 02:12
Last Modified: 07 Nov 2017 02:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4713

Actions (login required)

View Item View Item