Implementasi akuntabilitas pengelolaan keuangan masjid berdasarkan ISAK 35 tentang penyajian laporan keuangan entitas berorientasi nonlaba

Rizqia, Nurul Fitri (2021) Implementasi akuntabilitas pengelolaan keuangan masjid berdasarkan ISAK 35 tentang penyajian laporan keuangan entitas berorientasi nonlaba. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengelolaan keuangan masjid yang menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh masjid masih menggunakan pencatatan yang sederhana, yaitu pencatatan pemasukan dan pengeluaran saja. Pada entitas nonlaba seperti masjid masih sedikit yang melakukan pencatatan dengan lengkap atas pelaporan keuangannya. Banyak juga masyarakat yang antipati terhadap masjid karena minimnya transparansi dan akuntabilitas dalam hal pelaporan keuangannya, dan adapula kasus dimana masjid tidak mencatat penerimaan dan pengeluaran dengan baik dan rinci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bagaimana bentuk akuntabilitas masjid dalam mengelola keuangannya serta bagaimana kesesuaiannya dengan ISAK 35 tentang Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nonlaba. Penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Untuk pengumpulan datanya penulis melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi yang disajikan oleh para pengurus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Masjid Jami’ Mekar Indah mengelola keuangannya dengan sangat hati-hati dan dalam penyajian laporan keuangannya masih sederhana, yakni pencatatan pemasukan dan pengeluaran kas saja yang kemudian oleh para pengurus memaparkan hasil pengelolaannya kepada para jamaah atau masyarakat sekitar. Dalam hal ini Masjid Jami’ Mekar Indah belum menerapkan ISAK 35 sebagai pedoman penyajian laporan keuangan entitas berorientasi nonlaba. Hal ini dikarenakan para pengurus belum pernah mendengar dan mengetahui standar pencatatan tersebut serta membutuhkan staff ahli dalam bidangnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas; Pengelolaan Keuangan Masjid; ISAK 35
Subjects: Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Nurul Fitri Rizqia
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:42
Last Modified: 27 Dec 2021 03:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47133

Actions (login required)

View Item View Item