Nayla Haraswati Arifin, Nayla (2014) Analisis Kemampuan Kognitif Siswa pada Dimensi Pengetahuan dan Proses Kognitif Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada Konsep Kesetimbangan Kimia (Penelitian Deskriptif terhadap Siswa Kelas XI SMAN 1 Cileunyi). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3_bab1.pdf Download (303kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
Text (DAFATR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
Abstract
Kesetimbangan kimia merupakan salah satu konsep yang menjadi dasar bagi konsep kimia lainnya seperti kesetimbangan asam basa serta kelarutan dan hasil kali kelarutan. Berdasarkan analisis konsep, konsep ini memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Tujuan penelitian ini yakni menganalisis kemampuan kognitif siswa pada pengetahuan konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan taksonomi Bloom revisi pada konsep kesetimbangan kimia dan mendeskripsikan kriteria soal yang dapat mengukur ketiga pengetahuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pencapaian tertinggi pada pengetahun konseptual yakni mengaplikasikan dengan persentase jumlah siswa mencapai 30,3%. Pada pengetahaun prosedural, pencapaian tertinggi pada level memahami dengan persentase sebesar 26,3%. Pengetahuan metakognitif merupakan pengetahuan yang paling kurang dikuasai dari ketiga pengetahuan yang dianalisis karena persentase tertinggi sebesar 10,5% yakni pada level memahami. Kriteria soal yang digunakan untuk mengukur pengetahuan konseptual lebih dominan menggali pengetahuan tentang prinsip dan generalisasi, pengetahuan prosedural lebih menggali tentang algoritme, dan metakognitif lebih menekankan kepada strategi. Hasil penelitian ini berfungsi sebagai bahan evaluasi pembelajaran dan soal yang digunakan pada penelitian pun dapat digunakan dalam proses pembelajaran namun kurang bervariatif dari segi subjenis pengetahuan yang diukur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kemampuan Kognitif, Taksonomi Bloom revisi, Dimensi Pengetahuan, Dimensi Proses Kognitif |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Chemistry and Allied Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 02:17 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 02:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4716 |
Actions (login required)
View Item |