Bimbingan Tahfidz melalui Media Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal al-Qur’an. (Penelitian pada kelas III SD Islam Al-Amanah )

Imas Adawiyah Mukaromah, Imas (2016) Bimbingan Tahfidz melalui Media Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal al-Qur’an. (Penelitian pada kelas III SD Islam Al-Amanah ). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas studi pendahuluan dilapangan dengan jalan observasi secara langsung dan wawancara dari kepala sekolah dan pembimbing tahfidz dari keseluruhan siswa kelas III yang berjumlah 30 orang memiliki motivasi yang lebih tinggi. Hal ini ditunjukan dengan ketaatan dan kehadiran siswa dalam mengikuti kegiatan Bimbingan Tahfidz. Akan tetapi masih ada siswa yang hafalannya kurang. Kenyataan tersebut menunjukan motivasi menghafal siswa rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses bimbingan tahfidz untuk meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa kelas III SD Islam Al-Amanah melalui penggunaan media puzzle. Selain itu, bertujuan pula untuk mengetahui hasil bimbingan tahfidz melalui media puzzle dalam meningkat motivasi mennghafal Al-Qur’an. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa motivasi menghafal al-Qur’an siswa bergantung kepada media dan metode pembelajaran yang diberikan dikelas. Jika pembimbing tidak mempunyai metode dalam pembelajaran maka pembelajaran itu akan monoton sehingga motivasi siswa dalam menghafal al-Qur’an akan semakin menurun. Sedangkan proses menghafal al-Qur’an yang datar tanpa melibatkan sebuah metode, merupakan penghambat bagi pembimbing untuk membangun motivasi pada diri siswa yang merupakan kunci keberhasilan dalam menghafal al-Qur’an. Maka dengan adanya penggunaan metode atau media maka motivasi siswa dalam menghafal al-Qur’an semakin meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan pendekatan kualitatif untuk menemukan gambaran bimbingan tahfidz melalui media puzzle untuk meningkatkan motivasi hafalan Al-Qur’an. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan metode media puzzle untuk meningkatkan motivasi menghafal al-Qur’an pada siswa berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dengan meningkatnya hafal ayat al-Quran pada anak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hafalan ayat al-Qur’an pada siswa kelas III SD Islam Al-Amanah telah mengalami peningkatan selama diterapkannya model pembelajaran dengan menggunakan metode permainan dengan menggunakan media puzzle.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Tahfidz, Media Puzzle, Motivasi, al-Qur’an
Subjects: Islam > Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:27
Last Modified: 31 Oct 2017 04:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4722

Actions (login required)

View Item View Item