Diseminasi informasi pada media sosial Instagram @Infokrw: Studi deskriptif penerapan Sembilan Elemen Jurnalisme Bill Kovach dan Tom Rosenstiel pada Instagram @Infokrw

Nuriyah, Nina (2021) Diseminasi informasi pada media sosial Instagram @Infokrw: Studi deskriptif penerapan Sembilan Elemen Jurnalisme Bill Kovach dan Tom Rosenstiel pada Instagram @Infokrw. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media sosial sebagai media penyebaran berita tidak hanya dimanfaatkan oleh media konvensional, namun juga oleh media komunitas daerah seperti Instagram @infokrw. Info Karawang sebagai media penyebaran berita lebih dominan diakses masyarakat karena mampu menjangkau informasi hampir di seluruh wilayah Karawang dengan cepat dan akurat. Maka sudah sepatutnya, @infokrw menjalankan perannya sebagai pekerja jurnalisme yang memiliki prinsip dan etika yang harus dipenuhi, salah satunya pedoman yang dirumuskan dalam sembilan elemen jurnalisme Bill Kovach dan koleganya, Tom Rosenstiel. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti ingin mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana upaya diseminasi informasi pada Instagram Info Karawang dimulai dari perencanaan, pencarian, penulisan, hingga penyuntingan berita. Dalam pelaksanaannya, peneliti menarik kesimpulan apakah @infokrw menerapkan elemen jurnalisme Bill Kovach dan Tom Rosenstiel, atau sebaliknya. Penelitian ini menggunakan konsep diseminasi yang meliputi proses produksi berita dan dikaitkan dengan teori sembilan elemen jurnalisme Bill Kovach dan Tom Rosenstiel. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menguraikan ucapan, tulisan dan perilaku yang diamati dengan metode deskriptif yang mampu menggambarkan secara lengkap dan beruntut mengenai suatu fenomena sosial. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan dalam aktivitas diseminasi, perencanaan berita dilakukan dengan rapat, penentuan isu berlandaskan kebenaran, dan kerjasama tim. Pencarian berita dilakukan melalui kegiatan citizen journalism, penelusuran sumber-sumber kredibel, pelansiran berita dari media massa, pencarian isu yang bersifat netral dan menjauhi isu politik, serta menggunakan hati nurani. Menuangkan aspek 5W+1H, memperhatikan sasaran pembaca, dan menambahkan lead pada berita lansir ditempuh dalam proses news writing. Selanjutnya, verifikasi, penyajian foto atau video, kompilasi dan infografis dilakukan dalam tahap news editing. Berdasarkan temuan di atas, sembilan elemen jurnalisme telah terpenuhi penerapannya, namun terdapat proporsi yang berbeda-beda. Proporsi yang konsisten dan utuh diterapkan terdapat pada elemen kebenaran, disiplin verifikasi, menyediakan forum publik, membuat hal penting menjadi menarik dan relevan, menjaga berita komprehensif dan proporsional, serta menggunakan hati nuraninya. Sedangkan elemen yang proporsinya lebih sedikit diterapkan yakni elemen loyalitas kepada masyarakat, independensi dan menjadi pemantau kekuasaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Diseminasi; Sembilan Elemen Jurnalisme; Infokrw
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Fajar Qowiyudin Akbar
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:48
Last Modified: 30 Dec 2021 02:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47230

Actions (login required)

View Item View Item