Nurazizah Mauliddiyah, Nurazizah (2014) Aktivitas Siswa Mengikuti Baca Tulis Al-Quran Metode Bimbingan Baca Tulis Al-Quran 99 Jam Hubungannya dengan Motivasi Belajar Mereka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian terhadap Siswa Kelas X SMA Karya Budi Cileunyi Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (838kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena siswa mengikuti aktivitas baca tulis Al-Quran setiap hari kamis, hal ini mendapat respon yang baik dari semua siswa. Aktivitas siswa mengikuti baca tulis Al-Quran diasumsikan oleh baiknya motivasi belajar mereka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tetapi, berdasarkan informasi yang didapat bahwa motivasi belajar sebagian siswa masih kurang, hal ini ditandai dengan adanya siswa yang mengobrol, dan mengantuk ketika aktivitas baca tulis Al-Quran berlangsung. Dengan demikian, hubungan antara aktivitas siswa mengikuti Baca Tulis Al-Quran metode Bimbingan Baca Tulis Al-Quran 99 Jam dengan motivasi belajar mereka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam menarik diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas siswa SMA Karya Budi mengikuti Baca Tulis Al-Quran metode Bimbingan Baca Tulis Al-Quran 99 Jam, mengetahui motivasi belajar mereka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan mengetahui hubungan antara aktivitas siswa mengikuti Baca Tulis Al-Quran metode Bimbingan Baca Tulis Al-Quran 99 Jam dengan motivasi belajar mereka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hipotesis yang diajukan adalah semakin baik aktivitas siswa mengikuti Baca Tulis Al-Quran metode Bimbingan Baca Tulis Al-Quran 99 Jam maka akan semakin baik pula motivasi belajar mereka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sebaliknya semakin rendah aktivitas siswa mengikuti Baca Tulis Al-Quran metode Bimbingan Baca Tulis Al-Quran 99 Jam maka akan semakin rendah pula motivasi belajar mereka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Penyebaran angket dilakukan kepada 27 siswa sebagai sampel. Wawancara dan studi dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis parsial, uji normalitas tiap variabel, analisis korelasi dan regresi. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas siswa mengikuti Baca Tulis Al-Quran metode Bimbingan Baca Tulis Al-Quran 99 Jam sebesar 3,63 dengan kategori tinggi, sedangkan motivasi belajar mereka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam diperoleh rata-rata sebesar 3,82 dengan kategori tinggi. Adapun korelasi antara kedua variabel tersebut menunjukan korelasi sebesar 0,63. Berdasarkan pada perhitungan uji hipotesis di atas, ternyata thitung = 4,090 lebih besar dari ttabel = 1,71. Hal ini menunjukan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kedua variabel tersebut dengan derajat pengaruh sebesar 39%, artinya masih ada 61% faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar mereka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 07:45 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 07:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4729 |
Actions (login required)
View Item |