Penyuluhan pola asuh Islami untuk meningkatkan kemampuan orang tua dalam mengembangkan kepribadian anak: Penelitian di Desa Waluya Kecamatan Cicalengka

Solihah, Sheni Nindriyani (2021) Penyuluhan pola asuh Islami untuk meningkatkan kemampuan orang tua dalam mengembangkan kepribadian anak: Penelitian di Desa Waluya Kecamatan Cicalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya kemampuan orang tua dalam melakukan pengasuhan keagamaan kepada anak, sehingga mengakibatkan anak terjerumus ke dalam pergaulan bebas dan jauh dari ketaatan kepada ajaran agama Islam. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hal tersebut dengan diadakan penyuluhan pola asuh Islami kepada orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses pelaksanaan dan hasil penyuluhan pola asuh Islami untuk meningkatkan kemampuan orang tua dalam mengembangkan kepribadian anak di Desa Waluya Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Teori dalam penelitian ini tentunya memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penyuluhan menurut Katili adalah layanan yang dilakukan oleh seorang penyuluh kepada individu atau kelompok dengan tujuan memberikan edukasi dan memberikan layanan kepada masyarakat dengan mengadakan perkumpulan untuk membahas yang bersangkutan dalam kehidupan. Dan metode yang digunakan menurut Delingga AF mengenai metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan data melalui wawancara, dan data dari Desa Waluya yang didukung oleh dokumentasi yang relevan dalam penelitian ini. Metode deskriptif kualitatif yaitu dengan data dari para orang tua di Desa Waluya menggunakan wawancara. Program penyuluhan pola asuh islami di Desa Waluya diadakan sebulan sekali oleh PKK Desa Waluya diantaranya program mengenai dasar pemikiran, tujuan penyuluhan, jenis kegiatan penyuluhan, sasaran kegiatan penyuluhan, pelaksana kegiatan penyuluhan, materi penyuluhan, metode penyuluhan, media penyuluhan. Sedangkan, untuk langkah-langkah penyuluhan pola asuh islami di Desa Waluya dengan cara: pertama, melakukan penyuluhan. kedua, melakukan proses konseling individual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan penyuluhan pola asuh Islami dapat meningkatkan kemampuan orang tua dalam mengembangkan kepribadian anak yang ditandai dengan perubahan perhatian orang tua terhadap anak yang lebih menigkat, menunjukan perhatian dan kasih sayang yang lebih kepada anak, dalam pendidikannya lebih menekankan pada perilaku dan ibadah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan; Pola asuh Islami; Kepribadian.
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam
Islam > Daughters
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sheni Nindriyani
Date Deposited: 03 Jan 2022 05:45
Last Modified: 03 Jan 2022 05:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47303

Actions (login required)

View Item View Item