Syahrul, Achmad Farchan (2021) Motivasi belajar siswa dan hubungannya dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian korelasioner terhadap siswa kelas VII SMPN 9 Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf Download (302kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
7_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sebuah masalah yakni terjadinya kesenjangan antara kondisi yang diharapkan dengan realitas yang ada. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa motivasi belajar yang di tanamakan kepada peserta didik sudah dilakukan dengan baik sehingga meningkatnya hasil belajar. Namun di sisi lain, informasi yang diperoleh bahwa ketika kegiatan belajar mengajar metode yang digunakan oleh guru masih cenderung konvensional apalagi di masa pandemi seperti ini guru hanya memberikan UKBM, dan tes, hal ini menyebabkan mereka merasa jenuh dalam belajar sehingga motivasi belajarnya pun menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penanaman motivasi belajar dan hubungnnya dengan hasil belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas VII sekolah menengah pertama 9 Kota Bogor. Dalam penelitian ini diasumsikan bahwa hasil belajar siswa memiliki keterkaitan dg motivasi belajarnya. Lalu, hipotesis yg diajukan adalah motivasi belajar siswa memiliki hubungan yangg positif signifikan degan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan agama islam dan Budi pekerti di kelas VII SMPN 9 Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif serta model penelitiannya survey. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan angket. Adapun analisis datanya menggunakan pendekatan statistik dengan empat pendekatan yaitu analisis parsial, uji normalitas, uji korelatif, dan product moment pearson. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas VII SMPN 9 Bogor adalah tinggi yang ditunjukan dengan hasil penelitian sebesar 3,95 yang berada pada interval 3,51-4,50. (2) Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas VII SMPN 9 Bogor adalah tinggi yang ditunjukan dengan hasil penelitian sebesar 3,84. (3) Hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas VII SMPN9 Bogor adalah (a) Koefisien korelasinya termasuk pada kategori rendah (skor 0,36) (b) Hipotesisnya terdapatnya Hubungan Motivasi belajar siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti pada Siswa Kelas VII SMPN 9 Kota Bogor, berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan.(c) Kadar pengaruhnya termasuk pada kategori rendah karena masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi peserta didik(skor 10%).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar;Hasil Belajar;Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Achmad Farchan Syahrul |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 05:34 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 05:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47362 |
Actions (login required)
View Item |