Status hukum perkawinan Muslim dengan aliran penghayat terhadap Tuhan Yang Maha Esa : Studi perkawinan Y dan A pra perkawinan di KUA kecamatan Lembang Jawa Barat

Nurhasanah, Rini (2020) Status hukum perkawinan Muslim dengan aliran penghayat terhadap Tuhan Yang Maha Esa : Studi perkawinan Y dan A pra perkawinan di KUA kecamatan Lembang Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkawinan yang tidak sesuai Pasal 2 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 dan pada Pasal 44 Kompilasi Hukum Islam, yang melarang perkawinan wanita muslim dengan seorang pria yang tidak beragama Islam. Hal tersebut akan mempengaruhi terhadap status hukum perkawinannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktek perkawinan Muslim dengan Aliran Pengahayat Keprcayaan Budi Daya, untuk mengetahui status hukum perkawinan Muslim dengan Aliran penghayat yang sesuai dengan perundang-undangan dan hukum Islam, mengetahui penyebab keluarnya dari agama Islam pasca perkawinan di KUA Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian melakukan pengkajian terhadap peraturan perundang-undangan, jurnal (library research), dan buku-buku, yang berhubungan dengan skripsi ini. Peneliti melakukan wawancara terhadap pelaku perkawinan orang Muslim dengan Aliran Penghayat Kepercayaan Budi Daya di Desa Wangunharja Kecamatan Lembang Jawa Barat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada praktik perkawinan orang Muslim dengan Aliran Penghayat Kepercayaan dengan menggunakan tata cara perkawinan menggunakan hukum Islam. Hal tersebut dilakukan agar perkawinan diakui oleh negara sehingga salah satu pasangan tersebut tunduk dan patuh terhadap salah satu agama atau keercayaan. Akan tetapi tidak membuat mereka tunduk menjadi orang Islam dan sampai saat ini perkawinan tersebut masih berlangsung. Fenomena tersebut menjadi sesuatu yang biasa di desa Wangunharja yang hidup saling berdampingan antar pemeluk agama dan kepercayaan dalam satu wilayah. Perkawinan tersebut menurut hukum Islam dan peraturan perundang-undangan di Indonesia adalah tidak dapat diterima karena hukum Islam melarang adanya orang Islam melangsungkan perkawinan dengan orang yang tidak beragama Islam. Namun status perkawinan yang diteliti masih berlangsung sampai saat ini tanpa ada administrasi yang menunjukan perkawinan tersebut legal dan keduanya sudah memeluk Aliran Kepercayaan terhadap Yang Maha Esa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: status hukum;perkawinan;muslim;aliran penghayat
Subjects: Law > Research and Statistical Methods of Law
Law > Conflict of Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Rini Nurhasanah
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:05
Last Modified: 05 Jan 2022 02:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47399

Actions (login required)

View Item View Item