Fauziyah, Rifka Nurul (2013) Pengaruh Manajerial Camat terhadap kualitas pelayanan masyarakat di Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis Tahun 2013. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) |
||
Text (BAB V)
7_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
Abstract
Salah satu sumber daya manusia yang memiliki peran dominan dalam pengelolaan pelayanan di kecamatan adalah camat. Camat memiliki tanggung jawab melakukan perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan masyarakat. Hal ini dilandasi oleh anggapan bahwa tujuan utama penyelenggaraan pelayanan melalui kecamatan ialah tercapainya lingkungan masyarakat yang kondusif, sehingga proses pelayanan dapat tercapai secara efektif, dimana peran pokok Camat terletak pada kesanggupannya mempengaruhi lingkungan kecamatan melalui penerapan proses kepemimpinan yang dinamis. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan teori M. Entang yang mengemukakan empat model yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu manajerial yaitu Kepemimpinan, Hubungan antar pribadi, Kemampuan menyelesaikan masalah, Kemampuan pengambilan keputusan. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, karena merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan maupun pengaruh antara dua variabel atau lebih. Teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi, studi kepustakaan dan kuesioner yang disebar kepada 48 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan skala Likert, rumus Korelasi Bivariate Pearson, Regresi Linear Berganda, dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukan, nilai koefisien determinansi yang telah dihitung sebesar 63,7% masuk dalam kriteria pengaruh yang tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang tinggi dari Manajerial Camat terhadap Kualitas Pelayanan Masyarakat di Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis Tahun 2013. Hal ini menunjukkan manajerial camat memiliki peran yang cukup penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Sedangkan sisanya 36,3 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak di teliti. Kesimpulan dari analisa data diatas, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Manajerial Camat terhadap Kualitas Pelayanan Masyarakat di Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis Tahun 2013. Manajerial Camat terlaksana cukup baik, sehingga telah meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajerial;Kualitas Pelayanan Masyarakat; |
Subjects: | Specific Field of Public Administration General Management > Executive Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 18 Feb 2016 02:08 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 01:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/474 |
Actions (login required)
View Item |