Bimbingan Konseling dengan Layanan Orientasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Penelitian terhadap Sekolah Menengah Pertama Plus Al-Aqsha)

Indah Kusuma Ningrum, Indah (2016) Bimbingan Konseling dengan Layanan Orientasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Penelitian terhadap Sekolah Menengah Pertama Plus Al-Aqsha). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)

Abstract

Banyaknya siswa kurang simpati dengan guru yang mengajar, bila siswa kurang simpati dengan gurunya maka minat mereka juga kurang dengan mata pelajaran yang diajarkan. Daya juang siswa lemah, siswa tidak mau lagi mengerjakan sesuatu yang sedikit sulit, enggan untuk bekerja, enggan untuk berpikir merupakan motivasi belajar siswa yang membutuhkan bimbingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program bimbingan konseling dengan layanan orientasi untuk motivasi belajar siswa, proses bimbingan konseling dengan layananan orientasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan kondisi motivasi belajar siswa di SMP Plus Al-Aqsha. Penelitian ini bertolak dari teori Juntika persiapan program hal-hal yang harus dilakukan dengan perencanaan program layanan bimbingan konseling, maka ada beberapa aspek kegiatan penting yang perlu dilakukan yaitu: analisis kebutuhan dan permasalahan klien, penentuan tujuan program layanan bimbingan yang hendak dicapai, analisis situasi dan kondisi lingkungan, penentuan jenis-jenis kegiatan, penentuan metode dan teknik yang akan digunakan dalam kegiatan, penetapan persnil-persnil yang akan menjalankan kegiatan, serta perkiraan tentang hambatan-hambatan yang akan ditemukan dan usaha-usaha apa yang akan dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, mengungkap fakta-fakta yang nampak dilapangan dan mendeskripsikannya secara sistematis, faktual dan akurat sebagaimana adanya mengenai Bimbingan Konseling Dengan Layanan Orientasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Berdasarkan hasil analisis data angket siswa dengan menggunakan rumus prosentase diperoleh kondisi motivasi belajar di SMP Plus Al-Aqsha menunjukkan pada kategori tinggi dengan total 75,25% berdasarkan tafsiran prosentasi, maka besaran prosentasi tersebut menunjukkan pada kategori tinggi dengan interval nilai 51-75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan konseling dengan layanan orientasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Plus Al-Aqsha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling, Motivasi Belajar, Siswa, SMP Plus Al-Aqsha, Bandung
Subjects: Islam > Da'wah
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:11
Last Modified: 02 Nov 2017 04:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4741

Actions (login required)

View Item View Item