Peran lembaga kursus dalam pemberdayaan masyarakat tidak mampu melalui program kewirausahaan : Studi deskriptif di LKP BEC Indonesia-Purwakarta

Wardana, Muhammad Pasca Wisnu (2021) Peran lembaga kursus dalam pemberdayaan masyarakat tidak mampu melalui program kewirausahaan : Studi deskriptif di LKP BEC Indonesia-Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan ekonomi masyarakat di purwakarta menyebabkan tingginya angka pengangguran, hal ini dikarenakan kurangnya lapangan pekerjaan, Oleh karena itu LKP BEC memberdayakan potensi masyarakat melalui program kewirausahaan yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru dan peluang untuk membuka usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai proses, pelaksanaan dan hasil mengenai pemberdayaan masyarakat tidak mampu yang di lakukan LKP BEC melalui program kewirausahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan menurut Edi Suharto, menurutnya pemberdayaan merupakan sebuah proses dan hasil, serta teori pelaksanaan dari Suharto dan teori Carol Noore yang menyatakan bahwa proses kewirausahaan diawali dengan kemandirian dan kreatifitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran lembaga kursus dalam pemeberdayaan masyarakat tidak mampu berperan melalui program kewirausahaan, pelatihan-pelatihan dalam program yang dilakukan oleh lembaga kursus, monitoring dan evaluasi. Proses yang dilakukan oleh lembaga kursus melalui pelatihan kewirausahaan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan menurunkan angka pengangguran. Program yang dilakukan oleh lembaga kursus membawa perubahan dengan meningkatnya perekonomian masyarakat dan menurunnya angka pengangguran. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peran lembaga kursus dalam pemberdayaan masyarakat tidak mampu melalui proram kewirausahaan sudah berhasil mencetak wirausahawan yang berpotensi dan berkompeten dalam bidang wirausaha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Lembaga; Pemberdayaan Masyarakat Tidak Mampu; Kewirausahaan;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Production, Industrial Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Pasca Wisnu Wardana
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:32
Last Modified: 05 Jan 2022 06:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47491

Actions (login required)

View Item View Item