Upaya meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui media Pom-pom Counting : Penelitian tindakan kelas di TAAM Bani Umar Kota Bandung

Ulya, Syamsiatul (2020) Upaya meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui media Pom-pom Counting : Penelitian tindakan kelas di TAAM Bani Umar Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
COVER SYAMSIATUL ULYA.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
ABSTRAK SYAMSIATUL ULYA.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (3_DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI SYAMSIATUL ULYA1.pdf

Download (27kB)
[img] Text (4_BAB I)
BAB I SYAMSIATUL ULYA.pdf

Download (494kB)
[img] Text (5_BAB II)
BAB II SYAMSIATUL ULYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
BAB III SYAMSIATUL ULYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
BAB IV SYAMSIATUL ULYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (8_BAB V)
BAB V SYAMSIATUL ULYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (9_DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, terdapat beberapa masalah terkait dengan kemampuan mengenal bilangan di TAAM Bani Umar Kota Bandung, diantaranya adalah anak kurang mampu menyebutkan bilangan dengan benar dan berurutan, anak kurang mampu mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Hal ini disebabkan karena media yang digunakan terbatas, yaitu hanya dengan menggunakan media poster angka dan majalah. Maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian melalui media yang juga dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan yaitu melalui media pom-pom counting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan mengenal bilangan anak sebelum diterapkan media pom-pom counting di TAAM Bani Umar Kota Bandung; 2) Proses penerapan media pom-pom counting untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan di TAAM Bani Umar Kota Bandung setiap siklus;dan 3) Kemampuan mengenal bilangan setelah diterapkan media pom-pom counting di TAAM Bani Umar Kota Bandung setiap siklus. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa kemampuan mengenal bilangan merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi anak yang perlu dikembangkan. Kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini perlu menggunakan berbagai macam media yang menarik, salah satunya melalui media pom-pom counting. Dari asumsi tersebut maka diajukan hipotesis, media pom-pom counting diduga dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan di TAAM Bani Umar Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Subjek/responden dalam penelitian ini adalah siswa/siswi TAAM Bani Umar Kota Bandung yang berjumlah 14 orang pada Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bilangan sebelum diterapkan media pom-pom counting diperoleh nilai rata-rata sebesar 31 dengan kriteria gagal. Proses penerapan media pom-pom counting dilihat dari aktivitas guru dan anak menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 76% dengan kriteria baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 93% dengan kriteria sangat baik. Sementara aktivitas anak pada siklus I mencapai 68% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 87% dengan kriteria sangat baik. Kemampuan mengenal bilangan setelah diterapkan media pom-pom counting juga menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu: siklus I memperoleh nilai rata-rata 55 dengan kriteria kurang dan siklus II meningkat menjadi 87 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima, artinya media pom-pom counting terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan di TAAM Bani Umar Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengenal Bilangan; Media Pom-pom; Kognitif anak;
Subjects: Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Syamsiatul Ulya
Date Deposited: 10 Jan 2022 05:30
Last Modified: 10 Jan 2022 05:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47534

Actions (login required)

View Item View Item