Pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap Etika Belajar Siswa (Penelitian di MTs Negeri 2 Kota Bandung)

Tresna Gustiani, Tresna (2016) Pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap Etika Belajar Siswa (Penelitian di MTs Negeri 2 Kota Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Salah satu fungsi pendidikan adalah membentuk akhlak mulia siswa. Yaitu membentuk siswa agar menjadi pribadi yang memiliki etika di rumah maupun di sekolah saat melakukan pembelajaran. Etika siswa dalam pembelajaran, diantaranya adalah etika siswa dengan guru, etika siswa dengan sesama siswa, etika siswa dengan orang tua dan etika siswa dalam belajar (Sagala, 2013: 221). Namun, di zaman sekarang kita tidak bisa mengabaikan dampak globalisasi yang berdampak langsung pada pola perilaku dan etika siswa, baik dampak positif maupun negatif. Untuk itu, perlu adanya pembentukan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang mempunyai tujuan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab yang sesuai dengan fungsi pendidikan nasional. Hal ini penting karena pada kenyataannya bagi orang lain yang memperhatikan, kualitas etika seorang siswa menjadi indikator sederhana, apakah guru dan siswa dalam proses belajar mengembangkan kreativitas atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Etika Belajar Pada Siswa Kelas IX di MTs Negeri 2 Kota Bandung Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 10-15% siswa kelas IX MTs N 2 Kota Bandung yang berjumlah 277 siswa. Penelitian ini ditempuh dengan langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan populasi dan sampel, menentukan jenis dan sumber data, menetukan teknik pengumpulan data, dan mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok memiliki pengaruh terhadap etika belajar siswa di MTs N 2 Kota Bandung. Dan hal ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok yang dilakukan sebagai salah satu metode dalam peningkatan etika belajar di MTs N 2 Kota Bandung memiliki pengaruh, dan pengaruh yang ditunjukkan tinggi. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa etika belajar siswa akan lebih meningkat jika didukung dan disertai dengan menggunakan metode bimbingan lain selain dengan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Etika Belajar, Siswa, MTs Negeri 2, Bandung
Subjects: Islam > Da'wah
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:40
Last Modified: 06 Nov 2017 02:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4760

Actions (login required)

View Item View Item