Optimalisasi fungsi masjid dalam pemberdayaan masyarakat Islam di masjid Nurul Asri desa Cibiru Wetan kecamatan Cileunyi kabupaten Bandung

Rahmatilah, Rizki (2021) Optimalisasi fungsi masjid dalam pemberdayaan masyarakat Islam di masjid Nurul Asri desa Cibiru Wetan kecamatan Cileunyi kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (1).pdf

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (615kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat muslim meyakini bahwa Islam merupakan agama yang didalamnya mengandung rahmatan lil alamin. Maksudnya agama yang mampu mewujudkan kehidupan yang adil, makmur serta sejahtera. Namun, kondisi masyarakat muslim saat ini masih sangat jauh dari ideal, contohnya taraf kemampuan ekonomi masyarakat yang masih rendah dan kurang merata. Hal ini disebabkan lantaran potensi yang dimiliki masyarakat muslimbelum termanfaatkan secara optimal. Potensi tersebut salah satunya berupa ekonomi umat, ekonomi umat merupakan potensi dana sosial masjid yang sejauh ini masih berupa gagasan dan belum dikelola secara baik, fokus dan profesional. Dimana pengelolaan dana tersebut sama sekali tidak digunakan untuk aktifitas ekonomi produktif. Pengembangan ekonomi masyarakat Islam melalui pengelolaan dana masjid juga terlihat di Masjid Nurul Asri Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Program pemberdayaan ekonomi berbasis masjid ini memiliki tujuan yaitu untuk menjadikan sebuah masjid mandiri tidak bergantung pada bantuan dengan upaya peningkatan pembangunan sektor ekonomi umat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui program pemberdayaan ekonomi berbasis masjid yang dilakukan oleh DKM Masjid Nurul Asri, mengetahui bagaimana proses pemberdayaan ekonomi berbasis masjid yang dilakukan oleh DKM Masjid Nurul Asri, serta untuk mengetahui keberhasilan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang telah dicapai oleh DKM Masjid Nurul Asri dalam menciptakan bagi masyarakat di sekitar Masjid Nurul Asri. Pada penelitian ini juga didasarkan pada teori pemberdayaan yang dipahami bahwasannya suatu pemberdayaan memiliki tujuan akhir menuju keberhasilan dimana pada prosesnya dilakukan dengan beberapa pendekatan. Dan tentunya keberhasilannya pun diukur dengan indikator keberhasilan pemberdayaan yang telah ditentukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatis serta pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa DKM Masjid Nurul Asri melakukan program pemberdayaan ekonomi berbasis masjid. Program pemberdayaan berupa revitalisasi dana zakat, infaq dan sedekah dimana dalam tahap penyalurannya melalui transparansi dana kepada masyarakat kelas menengah bawah yang ada di sekitar wilayah Masjid Nurul Asri. Dari sisi proses, pemberdayaan yang dilakukan oleh DKM Masjid Nurul Asri yaitu melalui tahap sosialisasi kepada masyarkat terkait program kerja DKM Masjid Nurul Asri. Kedua, penyisipan ceramah kepada jamaah terkait pentingnya melakukan kegiatan infaq dan shodaqoh, ketiga pembentukan pengurus DKM yang akuntabilitas di mana didalamnya haruslah smart, maksudnya bagaimana dia dapat menjawab dengan baik, amanah, harus religius, dan harus bisa bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masjid; Pemberdayaan; Pemberdayaan Ekonomi Masjid;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rizki Rahmatilah Romdoni
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:46
Last Modified: 17 Jan 2022 01:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47681

Actions (login required)

View Item View Item