Pengaruh pupuk organik cair limbah tahu dan pupuk kompos kotoran ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) varietas Nauli F1

Sehabudin, Aceng (2021) Pengaruh pupuk organik cair limbah tahu dan pupuk kompos kotoran ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) varietas Nauli F1. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak (1).pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy

Abstract

Pakcoy (Brassica rapa L.) merupakan salah satu komoditas yang memiliki nilai komersial yang cukup tinggi. Prospek budidaya pakcoy ini sangat baik karena belum banyak yang membudidayakan sayuran ini di Indonesia. Salah satu aspek penting dalam budidaya tanaman yang harus diperhatikan adalah pemupukkan. Penggunaan pupuk anorganik secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan, sehingga perlu adanya perbaikan dalam proses pemupukkan salah satunya dengan menggunakan pupuk organik cair limbah tahu dan pupuk kompos kotoran ayam agar unsur hara yang terdapat dalam tanah tersedia untuk tanaman, karena sifat pupuk organik yaitu dapat memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair limbah tahu dan pupuk kompos kotoran ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) Varietas Nauli F1. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan april sampai mei 2021 di screenhouse kebun CV.Cantigi Farm ,Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) faktorial 2 faktor. Faktor pertama yaitu pemberian pupuk organik cair limbah tahu dengan 4 taraf perlakuan (kontrol, 250ml/tanaman, 500ml/tanaman dan 750ml/tanaman) dan faktor kedua yaitu pemberian pupuk kompos kotoran ayam dengan 4 taraf perlakuan (kontrol, 50 gram/tanaman (10 ton/ha), 75 gram/tanaman (15 ton/ha) dan 100 gram/tanaman (20 ton/ha) sehingga terdapat 16 kombinasi perlakuan dengan masing masing 3 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya interaksi antara pupuk organik cair limbah tahu dan pupuk kompos kotoran ayam terhadap semua parameter pengamatan. Pupuk organik cair limbah tahu tidak memberikan pengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan. Pupuk kompos kotoran ayam memberikan pengaruh nyata secara mandiri terhadap tinggi tanaman pada umur 7 HST hingga 28 HST, jumlah daun pada umur 21 HST dan 28 HST, luas daun, bobot berangkas basah dan bobot berangkas kering.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pakcoy; pupuk kompos kotoran ayam; pupuk organik cair limbah tahu
Subjects: Farm, Farming > Miscellany and Scientific Principles
Farm, Farming > Education, Research, Related Topics of Agriculture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Aceng Sehabudin
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:19
Last Modified: 12 Jan 2022 02:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47758

Actions (login required)

View Item View Item