Analisis pendidikan dalam keluarga untuk siswa MI berdasarkan perspektif Zakiah Daradjat

Puspita, Gina (2021) Analisis pendidikan dalam keluarga untuk siswa MI berdasarkan perspektif Zakiah Daradjat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan dalam keluarga memberikan dampak terhadap proses pembentukan kepribadian anak. Namun konsep pendidikan keluarga sebagai pusat utama dalam mendidik anak tidak seperti yang diinginkan karena proses pelaksanaannya masih tidak dapat berjalan mulus, terdapat banyak kendala yang dirasakan oleh keluarga tersebut seperti adanya fenomena covid-19 turut memberikan dampak terhadap bidang pendidikan berkaitan dengan pemahaman anak sehingga membutuhkan peran dan fungsi orang tua sebagai pendidik di keluarga. Kendala lain dalam penerapan pendidikan keluarga ialah membutuhkan pemahaman, dan perhatian orang tua terhadap pentingnya proses pelaksanaan serta keberlangsungan pendidikan keluarga. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pandangan Zakiah Daradjat tentang pendidikan dalam keluarga dan mendeskripsikan implementasi pendidikan dalam keluarga untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah berdasarkan perspektif Zakiah Daradjat. Metode penelitian ini ialah kualitatif deskriptif kepustakaan (library research). Sumber data primer yakni pemikiran Zakiah Daradjat, sedangkan sumber data sekunder berupa berupa buku, jurnal, dan referensi lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan sumber kepustakaan yaitu data berupa catatan, jurnal, buku-buku, surat kabar, gambar, majalah, notulen atau karya-karya monumental yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analisys) yakni untuk mengungkapkan kandungan yang terdapat dalam buku. Berdasarkan hasil penelitian ini menemukan bahwa pemikiran Zakiah Daradjat dapat diimplementasikan pada pendidikan dalam keluarga untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah melalui (1) perkembangan kepribadian anak yakni, memiliki keimanan dan ketakwaan seperti menunaikan ibadah salat, senantiasa mengucapkan kalimat thayyibah dalam kehidupan sehari-hari, hormat dan taat kepada orang tua yang telah membesarkan dan mendidik dengan mendo`akan, dan bertutur kata yang baik; (2) akhlakul mahmudah; memiliki sikap terpuji seperti sopan santun, ramah, jujur, rendah hati, sabar, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi dengan tolong menolong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keluarga; Perspektif Zakiah Daradjat; Siswa Madrasah Ibtidaiyah;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Gina Puspita
Date Deposited: 12 Jan 2022 08:03
Last Modified: 12 Jan 2022 08:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47795

Actions (login required)

View Item View Item