Respon siswa terhadap pembelajaran online hubungannya dengan motivasi mereka dalam menghafal Al-Quran : Penelitian terhadap siswa kelas IX SMP Ibnu Abbas Cileunyi Kabupaten Bandung

Burhani, Affan (2021) Respon siswa terhadap pembelajaran online hubungannya dengan motivasi mereka dalam menghafal Al-Quran : Penelitian terhadap siswa kelas IX SMP Ibnu Abbas Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMP Ibnu Abbas Bandung, menunjukkan bahwapembelajaran hafalan Quran sudah menggunakan media online seperti zoommeeting dan whatsapp, yang dilakukan guru secara optimal. Mestinya, hal tersebut, diikuti oleh para siswa dengan semangat yang optimal pula. Namun pada kenyataannya, di lain sisi, menunjukkan hal yang berbeda. Masih ditemukan siswa yang target-target hafalan banyak yang terbengkalai, hingga menjadi repot.Atas dasar hal tersebut penulis menganggap hal ini merupakan salah satu masalah yang patut untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) realitas respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Online; 2) realitas motivasi siswa dalam menghafal AlQur’an; 3) realitas hubungan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Online dengan motivasi mereka dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa motivasi mereka dalam menghafal Al-Qur’an dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya respon siswa terhadap pembelajaran Online. Dari pemikiran tersebut diajukan hipotesis bahwa semakin tinggi respon belajar siswa pada pembelajaran online maka semakin tinggi pula motivasi mereka dalam menghafal Al-Qur’an, begitupun sebaliknya. Kajian Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan teori Abu Ahmadi (2004:161) tentang respon siswa, Dabbagh dan Ritland (2005:15) tentang pembelajaran online, Ahsin W. Al-Hafidz tentang motivasi menghafal alqur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Cara pengumpulan datanya dengan observasi, angket, wawancara dan studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan metode statistika, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Dari hasil analisis, realitas respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Online (X) sebesar 3,4 termasuk kategori sedang karena berada pada interval 2,63,5 Adapun realitas minat belajar mereka pada motivasi mereka dalam menghafal Al-Qur’an(Y) sebesar 3,6 termasuk kategori tinggi karena berada pada interval 3,64,5 Realitas hubungan antara keduanya ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,58 yakni termasuk pada kategori korelasi sedang, karena berada pada interval 0,41-0,60 Hasil uji hipotesis pada taraf signifikasi 4,40 menunjukkan thitung 2,01 Artinya Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara Variabel X dengan Variabl Y. kemudian kadar pengaruh Variabel X dengan Variabel Y sebesar 33% Ini berarti masih ada faktor lain sebesar 67% yang mempengaruhi motivasi mereka dalam menghafal Al-Qur’an(Variabel Y). Kata kunci:Respon, Siswa, Belajar Online, Motivasi Menghafal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Respon; Siswa; Pembelajaran Online; Motivasi Menghafal
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affan Burhani
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:14
Last Modified: 13 Jan 2022 06:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47870

Actions (login required)

View Item View Item