Analisis pengaruh Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Deviden Payout Ratio (DPR) pada PT AKR Corporindo Tbk periode 2011-2020

Ahmad, Mardhatillah (2021) Analisis pengaruh Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Deviden Payout Ratio (DPR) pada PT AKR Corporindo Tbk periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan GUnung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melakukan investasi, guna memperoleh keuntungan di masa mendatang dengan melakukan penempatan sejumlah dana pada sebuah perusahaan. Return on equity (ROE) merupakan kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan dari pendapatan bersih atas efisiensi penggunaan total modal para pemegang saham. Sedangkan Net Profit Margin (NPM) adalah perbandingan antara laba bersih dan penjualan atau kemampuan perusahaan dalam menekan biaya-biaya operasional dan non-operasional. Kedua rasio tersebut menjadi tolak ukur analisis terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) sebagai besaran nilai yang diterima para pemegang saham dan besaran nilai yang ditahan untuk investasi berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Return On Equity (ROE) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) secara parsial, mengetahui dan menganalisis pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) secara parsial, mengetahui dan menganalisis pengaruh Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) secara simultan pada PT AKR Corporindo Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan pada website resmi PT AKR Corporindo Tbk periode 2011-2020. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda, korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi, serta analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Equity (ROE) negatif dan tidak berpengaruh terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) secara parsial pada PT AKR Corporindo Tbk. hal ini ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,005 atau 0,5%. Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) secara parsial pada PT AKR Corporindo Tbk. hal ini ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,169 atau 17%. Kemudian antara Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) tidak terdapat pengaruh terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) secara simultan pada PT AKR Corporindo Tbk. hal ini ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,198 atau 19,8% pada PT AKR Corporindo Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Equity (ROE); Net Profit Margin (NPM); Dividen Payout Ratio (DPR)
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Mardhatillah Ahmad
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:41
Last Modified: 17 Jan 2022 04:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47991

Actions (login required)

View Item View Item