Budaya traktiran di kalangan pemuda pemudi : Studi deskriptif di Jl Rancaloa kelurahan Cipamokolan kecamatan Rancasari kota Bandung

Syaiful, Mochammad Ichsan (2021) Budaya traktiran di kalangan pemuda pemudi : Studi deskriptif di Jl Rancaloa kelurahan Cipamokolan kecamatan Rancasari kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh fakta dilapangan bahwa kegiatan traktiran yang sudah menjadi kebudayaan terhadap masyarakat Indonesia khususnya di Jl. Rancaloa. Traktiran adalah kegiatan memberi dan meminta sesuatu materi yang disepakati oleh kedua belah pihak. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa maksud dari traktiran itu sendiri, proses terjadinya traktiran, dan apa dampak dari traktiran itu sendiri. Teori yang digunakan dalam Penelitian ini adalah teori pertukaran sosial dari George C. Homans. Teori pertukaran sosial menurutnya pertukaran diasumsikan karena beberapa transaksi pertukaran yang akan terjadi diantara kedua pihak yang akan memperoleh keuntungan tertentu. Lalu kesepakatan umumnya dapat dengan baik diperoleh apabila kedua individu memperoleh kesempatan untuk mendapatkan kepentingan pribadi mereka melalui proses pertukaran yang ditentukan secara pribadi. Didalam traktiran itu sendiri terdapat nilai-nilai pertukaran didalamnya namun tidak sedikit juga traktiran yang terjadi tanpa ada nilai pertukaran. Metode Penelitian dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode Kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang diajukan Peneliti yang dijelaskan secara detail sesuai dengan kondisi aslinya. Dalam hal ini untuk dapat mengetahui maksud dari traktiran itu sendiri. Hasil temuan pada Penelitian ini adalah para pemuda dan pemudi di Jl. Rancaloa mengartikan traktiran ini adalah suatu budaya yang dilakukan atas dasar mensyukuri hal baik atau pencapaian yang telah didapatkan oleh seseorang. Traktiran biasanya berawal dari candaan di lingkungan para pemuda dan pemudi yang terjadi bila ada seseorang yang mendapatkan suatu pencapaian baru yang biasanya berupa bertambahnya umur, mendapatkan gaji pertamanya, berhasil membuka usaha barunya, dan masih banyak lagi. Dampak yang ditimbulkan dari budaya traktiran ini dapat berupa dampak positif yaitu dapat meningkatkan hubungan baik antar pemuda dan pemudi setempat, meningkatkan rasa kekeluargaan dan menjadi tempat untuk saling bertukar cerita. Sedangkan dampak negatifnya yaitu seperti bisa merenggangkan suatu hubungan, mental gratisan, dan membuat gaya hidup seseorang menjadi boros.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Budaya Traktiran; Jl. Rancaloa; Pertukaran Sosial
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Process > Social Norms
Social Groups > Social Classes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Mochammad Syaiful Ichsan
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:02
Last Modified: 18 Jan 2022 06:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48082

Actions (login required)

View Item View Item