Pengaruh koordinasi vantuan langsung masyarakat program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) terhadap efektivitas program di Desa Cangkuang Kulon Kecamatan DayeuhKolot Kabupaten Bandung

Rahayu, Firdha Sukma (2021) Pengaruh koordinasi vantuan langsung masyarakat program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) terhadap efektivitas program di Desa Cangkuang Kulon Kecamatan DayeuhKolot Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Administrasi pembangunan adalah rangkaian usaha untuk melaksanakan perubahan yang direncanakan secara sadar, baik itu melakukan berbagai program atau proyek yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai sasaran dan mewujudkan pembangunan bangsa. Salah satu pembangunan yang saat ini menjadi perhatian adalah kebutuhan air bersih. PAMSIMAS merupakan program yang menjadi salah satu solusi dari kurangnya ketersediaan air bersih. Target yang ingin dicapai dengan adanya program PAMSIMAS di Desa Cangkuang Kulon Kecamatan DayeuhKolot Kabupaten Bandung ini adalah 100%, namun kenyataannya baru sekitar 8,78% yang tercapai. Hal ini sudah jelas terlihat bahwa tujuan program belum mencapai 100%. Hal ini diduga disebabkan oleh kurangnya koordinasi antar anggota yang mengakibatkan program yang dijalankan tidak berjalan secara efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan rancangan kausal. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran kuisioner yang disebar ke 18 responden guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan Uji t dan Uji f yang diolah menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koordinasi memiliki pengaruh terhadap Efektivitas Program. Berpengaruh sebesar 78% dan masuk dalam kategori tinggi. Sementara itu 22% lainnya berasal dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini berarti bahwa Koordinasi mempunyai pengaruh terhadap Efektivitas Program di Desa Cangkuang Kulon Kecamatan DayeuhKolot Kabupaten Bandung. Dalam hasil Uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 7,533 dan signifikansi 0,000. Nilai ini akan dibandingkan dengan nilai t tabel pada tabel distribusi t pada signifikansi 0,05.Berdasarkan pengujian kriteria t hitung > t tabel (7,533 > 2,11991) maka Ho ditolak da Ha diterima. Dalam hasil Uji f diperoleh nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) hal tersebut mengartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai ini akan dibandingkan dengan nilai Ftabel pada tabel distribusi F. Maka diperoleh nilai f tabel sebesar 4,49. Sedangkan nilai F hitung sebesar 56,751, sehingga f hitung > f tabel (56,751 > 4,49), hal tersebut menjelaskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Koordinasi; PAMSIMAS; Efektivitas Program
Subjects: Social Process > Coordination and Control
Personal Health, Hygiene
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Firdha Sukma Rahayu
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:09
Last Modified: 18 Jan 2022 06:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48088

Actions (login required)

View Item View Item