Pengaruh Financing to Deposit Ratio (ROA) dan Non Performing Financing (NPF) Gross terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Victoria Syariah Tahun 2014-2019

Fatoni, Ahmad (2021) Pengaruh Financing to Deposit Ratio (ROA) dan Non Performing Financing (NPF) Gross terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Victoria Syariah Tahun 2014-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan perbankan Syariah yang semakin pesat, dan persaingan antar bank pun semakin ketat sehingga menuntut untuk lebih meningkatkan usahanya, yaitu melalui penghimpunan, pembiayaan maupun jasa. Dalam memberikan pembiayaan tidak terlepas dari resiko bermasalahnya pembiayaan tersebut. Untuk menilai sejauh mana pihak bank mampu dengan baik menyalurkan pembiayaan dapat dilihat dari besarnya Financing to Deposit Ratio (FDR) sementara untuk melihat seberapa besar pembiyaan yang disalurkan menjadi pembiayaan bermasalah dapat dilihat dari besarnya rasio Non Performing Financing (NPF) Gross. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Victoria Syariah; mengetahui pengaruh Non Performing Financing (NPF) Gross secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Victoria Syariah; mengetahui pengaruh Finanicng to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) Gross secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Victoria Syariah. Kerangka berfikir dalam penelitian ini adalah FDR mempengaruhi ROA, sehingga bila FDR meningkat ROA pun meningkat, dikarenakan dana pembiayaan adalah dana yang dibutuhkan dalam investasi, sedangkan NPFGross sangat berpengaruh karena NPFGross ialah pembiayaan yang kurang lancer, diragukan, macet, maka otomatis apabila NPFGross turun mak ROA pun akan turun. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu system, pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Dan pendekatan kuantitatif adalah pendekatan yang menganalisis data yang berbentuk angka. Adapun jenis data yang diperoleh untuk penelitian ini adalah data kuantitatif, yakni data yang berasal dari penelitian yang menggunakan angka. Hasil penlitian ini menunjukkan bahwa secara parsial FDR tidak berpengaruh terhadap ROA hal ini di tunjukan pada koefisien b dalam regresi sederhana sebesar 0,014 nilai korelasi sederhana -0,451, nilai R square sebesar 20,3%, serta hasil t hitung < t tabel (0,480 < 1,325) maka Ho diterima dan Ha ditolak, NPFGross secara parsial berpengaruh signifikan terhadap ROA koefisien b dalam regresi sederhana sebesar -0,705, nilai korelasi sederhan -,0855, nilai R square 73,1% serta nilai -t hitung < -t tabel (-6,463 < -2,819) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya berpengaruh signifikan, secara simultan FDR, NPFgross serta ROA, nilai koefisien b1 0,014 b2 -0,705, nilai korelasi berganda 0,856, nilai R square 73,3% serta hasil F hitung > F tabel (28,900 > 3,47) bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya berpangaruh signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: financing to deposit ratio; non performing financing gross; return on asset;
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Financial Economics, Finance > Banking Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ahmad Fatoni
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:40
Last Modified: 19 Jan 2022 02:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48120

Actions (login required)

View Item View Item