Alawiyah, Nisa Siti Nur (2021) Profil kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pencemaran lingkungan melalui pembelajaran daring kelas VII. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
Abstract
Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang diperlukan di abad 21 sehingga perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil observasi di salah satu SMP Bandung, diperoleh bahwa penilaian hasil belajar sudah mencakup penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan, akan tetapi yang berhubungan dengan penilaian kemampuan pemecahan masalah belum pernah dilakukan, sehingga pada penelitian ini dilakukan tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran materi pencemaran lingkungan melalui pembelajaran daring, 2) Menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan, dan 3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain penelitian adalah Crossectional design. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui survey. Data yang didapat berupa hasil wawancara guru, tes kemampuan pemecahan masalah 17 soal uraian dan angket respon siswa 15 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keterlaksanaan pembelajaran daring siswa terlaksana dengan sangat baik. Rata-rata aktivitas guru diperoleh persentase 84% dengan kriteria sangat baik, begitupula dengan aktivitas siswa diperoleh kriteria baik dengan rata-rata persentase 70%. 2) Profil kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pencemaran lingkungan melalui pembelajaran daring secara keseluruhan memiliki kriteria baik dengan nilai rata-rata 74,9%. 3) Respon siswa terhadap pembelajaran daring pada materi pencemaran lingkungan pada kriteria tinggi dengan nilai rata-rata 73,5%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada materi pencemaran lingkungan melalui pembelajaran daring VII berada pada kategori baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterlaksanaan Pembelajaran; Kemampuan Pemecahan Masalah; Respon Siswa; Pembelajaran Daring; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | Elementary Education > Science for Elementary Education Elementary Education > Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nisa Siti Nur Alawiyah |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 06:56 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 07:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48150 |
Actions (login required)
View Item |