Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik perjanjian kerjasama usaha konveksi secara lisan : Studi kasus di desa Cingcin kecamatan Soreang kabupaten Bandung

Utami, Lestari Nur 'Aulya (2021) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik perjanjian kerjasama usaha konveksi secara lisan : Studi kasus di desa Cingcin kecamatan Soreang kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena cukup banyak pelaku usaha konveksi di Desa Cingcin Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung yang mengadakan perjanjian kerjasama secara lisan. Artinya, perjanjian kerjasama usaha konveksi tersebut terjadi ketika para pihak bertemu dan sepakat untuk melakukan perjanjian tanpa mengurus dokumen-dokumen secara tertulis. Secara hukum, perjanjian kerjasama usaha konveksi yang dilakukan secara lisan adalah sah dan prosesnya mudah serta cepat. Namun ketika terjadi ingkar janji (wanprestasi), tidak memiliki kekuatan hukum yang kuat, karena tidak adanya bukti fisik atau tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan hukum akad kerjasama usaha konveksi secara lisan yang dilakukan oleh pihak Anni Collection dengan Lenny Collection ditinjau dari prespektif Hukum Ekonomi Syariah dan untuk mengetahui praktik kerjasama usaha konveksi secara lisan antara pihak Anni Collection dengan Lenny Collection di Desa Cingcin Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung ditinjau dari segi Hukum Ekonomi Syariah. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini berdasarkan pada ketentuan ayat-ayat al-qur’an dan hadist yang berhubungan dengan akad syirkah (kerjasama), Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) juga Fatwa Dewan Syariah Nasional Majlis Ulama Indonesia (Fatwa DSN-MUI). Selain itu, penulis menggunakan kaidah ushul fiqih dan hukum positif sebagai penunjang untuk mendapatkan pemahaman yang konkrit terkait pembahasan syirkah (kerjasama). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Artinya pada penelitian ini penulis mencoba memberikan gambaran dan menjelaskan perihal perjanjian kerjasama (Syirkah) usaha konveksi yang dilakukan secara lisan di Desa Cingcin Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan juga studi pustaka dengan tujuan untuk membuktikan kesesuaian antara teori dan praktik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini meliputi: Pertama, akad kerjasama usaha konveksi secara lisan yang dilakukan oleh Anni Collection dan Lenny Colletion ditinjau dari prespektif Hukum Ekonomi Syariah adalah sah dan memiliki kekuatan hukum karena rukun dan syaratnya terpenuhi. Namun ketika terjadi wanprestasi, perjanjian tersebut tidak memiliki kekuatan hukum, karena tidak mempunyai bukti fisik. Kedua, praktik perjanjian kerjasama usaha konveksi secara lisan antara Anni Collection dengan Lenny Collection di Desa Cingcin Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung ditinjau dari segi Hukum Ekonomi Syariah dalam pelaksanaannya, pihak Anni Collection tidak melakukan prestasi dengan semestinya sehingga menjadi cidera karena ada pihak yang dirugikan yaitu Lenny Collection.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah; Kerjasama; Perjanjian Secara Lisan; Syirkah.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Perjanjian dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Lestari Nur Aulya Utami
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:03
Last Modified: 20 Jan 2022 01:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48163

Actions (login required)

View Item View Item