Peran Dosen Pembimbing Akademik dalam Menjawab Motivasi Belajar Mahasisawa BKI VII A angkatan 2012 (Penelitian Deskriptif)

Zulfah Annangimah, Zulfah (2016) Peran Dosen Pembimbing Akademik dalam Menjawab Motivasi Belajar Mahasisawa BKI VII A angkatan 2012 (Penelitian Deskriptif). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini lahir dari ketidaksesuaian antara realita dan apa yang seharusnya dilaksanakan, dimana hal-hal yang harus dilaksanakan tersirat dalam tugas dan kewajiban dosen pembimbing akademik pada buku Pedoman Akademik UIN Bandung, diantaranya antara pembimbing dan terbimbing diharapkan melakukan bimbingan sekurang-kurangnya 1 bulan sekali, namun fakta dilapangan mengatakan hal yang jauh berbeda, dari hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa BKI VII A 2012 hampir semua dari mereka melakukan bimbingan minimalnya 1 kali dalam satu semester guna penandatangan KRS, dan juga ketidaksesuaian lainnya. Tujuan penelitian untuk mengetahuiupaya dosen pembimbing akademik dalam menjawab motivasi belajar mahasiswa BKI VII A angkatan 2012, juga untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa BKI VII A angkatan 2012, dan yang terakhir untuk mengetahui hasil peran dosen pembimbing akademik tterhadap motivasi belajar mahasiswa BKI VII A angkatan 2012. Penelitian ini berbasis pada terori yang dipadukan, salah satunya teori yang dikembangkan oleh McClelland, ia memperkenalkan 3 jenis kebutuhan motivasi yaitu motivasi untuk mencapai prestasi (n-Ach), motivasi untuk mendapatkan kekuasaan / otoritas (n-Pow), motivasi untuk bisa berafiliasi (n-affil). Dimana menurutnya setiap individu memiliki dorongan yang kuat untuk berhasil, sehingga ia akan melakukan perbutan untuk menggapai keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan teknik observasi (pengamatan), wawancar, penyebaran angket dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul data akan diolah untuk mengetahui peran dosen pembimbing akademik terhadap motivasi belajar BKI VII A angkatan 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membangun motivasi DPA terlebih dahulu membangun harapan mahasiswa agar mempunyai keinginan untuk berprestasi, setelah harapan tertanam DPA memberi arahan positif kepada mahasiswa, DPA juga mengarahkan mahasiswa supaya mampu menemukan solusi disetiap problemanya. Namun mayoritas DPA melakkan hal itu setiap satu semester sekali, sehingga motivasi yang diberikan kurang maksimalitu artinya dalam mengemban tugasnya sebagai dosen pembimbing akademik BKI VII A para DPA tetap menjalankan tugasnya sebagai dosen pembimbing akademik hanya saja belum maksimal dalam pelaksaannya dan hal inilah yang menjawab motivasi belajar BKI VII A angkatan 2012 yang cenderung rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dosen Pembimbing, Motivasi, Belajar, Mahasisawa
Subjects: Islam > Da'wah
Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:40
Last Modified: 13 Nov 2017 02:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4818

Actions (login required)

View Item View Item