Strategi Brand Image Pos Indonesia sebagai Support Bisnis Online (Studi Deskriptif pada Bagian Public Relations di Jasa Pengiriman Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Jln. Anggrek No.59 Bandung)

Dherra Gustia, Dherra (2016) Strategi Brand Image Pos Indonesia sebagai Support Bisnis Online (Studi Deskriptif pada Bagian Public Relations di Jasa Pengiriman Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Jln. Anggrek No.59 Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Jasa logistik masih menjanjikan dan akan terus berkembang di Indonesia, optimisme ini juga menghinggapi PT Pos Indonesia (Persero) yang namanya tersohor di masyarakat luas. Masyarakat lebih mengenal brand image yang ditonjolkan tersebut sebagai perusahaan jasa pengiriman logistik baik surat maupun paket dan mendominasi dibandingkan perusahaan ekspedisi lain. Jasa logistik kian dibutuhkan, hal ini didukung dengan kebijakan serta keterbukaan dunia perniagaan saat ini dan dengan maraknya bisnis online membuat jasa pengiriman barang akan semakin jauh meningkat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui atas empat persoalan yaitu rencana, metode, kendala beserta solusinya saat pengaplikasian strategi yang dilakukan oleh Bagian Public Relations Pusat PT Pos Indonesia (Persero) sebagai support bisnis online. Penelitian ini menggunakan teori The Fourt Model of Public Relations gagasan James Grunig menjelaskan perkembangan Public Relations dalam praktik terdapat empat model, baik secara konseptual maupun secara praktisi dalam manajemen komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang akan menjelaskan dan menggambarkan sebuah fenomena dengan cara narasi. Tahapan pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara mendalam dan tinjauan pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rencana yang dilakukan Bagian Public Relations Pusat PT Pos Indonesia (Persero) yaitu sesuai standarisasi visi dan misi korporat, penginformasian, ekspansi kerjasama dengan beberapa perusahaan dan market place e-commerce, publikasi transformasi, pengembangan teknologi dan survey untuk jangka waktu 10 tahun kedepan. Metodenya itu dengan pengeloaan isu melalui media massa yang meliputi media cetak, elektronik dan online, Agenda Setting, survei sponsorship dan ikut serta pada setiap event. Kendalanya yaitu pemberitaan negatif, pesaing bermunculan, peralihan nama Pos Giro menjadi Pos Indonesia, Pos Indonesia gagal Go Public. Solusinya menyewa konsultan, Agenda Setting, melakukan press briefing, editor briefing dan press conference.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Pos Indonesia, Bisnis Online, Public Relations, Logistik, Bandung
Subjects: Relationship of Libraries > Relationship with the Community
Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 13 Nov 2017 06:43
Last Modified: 13 Nov 2017 06:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4821

Actions (login required)

View Item View Item