Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) Dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Return On Invesment (ROI) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Unilever Tbk. Periode 2010-2020

Yusup, Muhammad (2021) Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) Dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Return On Invesment (ROI) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Unilever Tbk. Periode 2010-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Investasi merupakan penempatan sejumlah dana atau sumberdaya lain yang dilakukan pada masa sekarang dengan tujuan mendapatkan keuntungan dimasa yang akan datang. Investor yang akan melakukan investasi pada perusahaan harus mengetahui faktor yang dapat menyebabkan keuntungan ataupun kerugian ketika berinvestasi. Salah satu faktor yang dapat di pertimbangkan oleh investor untuk melaksanakan investasi adalah memahami informasi laporan keuangan guna mengetahui kefektifan perusahaan dalam menghasilkan nilai Total Asset Turn Over atau perputaran asset pada perusahaan, mengetahui Debt to Equity Ratio untuk menilai perusahaan dalam pelaksanaan kewajibannya, serta mengetahui laba yang diperoleh dari investasi atau Return On Invesment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Total Asset Turn Over secara parsial terhadap Return On Invesment. Seberapa besar pengaruh Debt to Equity Ratio secara parsial terhadap Return On Invesment dan seberapa besar pengaruh Total Asset Turn Over dan Debt to Equity Ratio secara simultan terhadap Return On Invesment. Kerangka berfikir yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada teori ketika Total Asset Turnover mengalami kenaikan, maka Return On Invesment akan ikut meningkat. Akan tetapi ketika variabel Debt to Equity Ratio meningkat, maka Return On Invesment akan mengalami penurunan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2010 - 2020 pada PT. Unilever Indonesia Tbk. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis deskriptif serta analisis asosiatif. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 20.0 dan microsoft excel 2019 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Debt to Equity Ratio tidak memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap Return On dengan besaran koeefisien determinasi 57,4%. Secara parsial Total Asset Turn Over tidak memiliki pengaruh terhadap Return On Invesment dengan besaran koeefisien determinasi 2,5%. Kemudian secara simultan Total Asset Turn Over dan Debt to Equity Ratio memiliki pengaruh signifikan terhadap Return On Invesment dengan besaran koeefisien determinasi 58,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Asset Turn Over; Debt to Equity Ratio; Return On Invesment
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Yusup
Date Deposited: 26 Jan 2022 00:41
Last Modified: 26 Jan 2022 00:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48308

Actions (login required)

View Item View Item